02 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Master Kaligrafi Turki Meninggal, Isterinya Lanjutkan Kaligrafi di Masjid

...

  • OKEZONE
  • 07 February 2020 11:00 WIB

Membuat kaligrafi (Foto: Mvslim)
Membuat kaligrafi (Foto: Mvslim)

Seorang muslimah asal Turki telah menyelesaikan karya seni kaligrafi Islam buatan almarhum sang suami di salah satu masjid di Sogutlu, Sakarya, Turki.

Muslimah itu mengatakan, suaminya meninggal dunia secara mendadak pada 28 Februari 2019 dan meninggalkan seni kaligrafi di masjid yang belum diselesaikannya.

“Jujur saya jatuh cinta dengan pekerjaan suami saya. Saya telah menemukan hasrat saya untk melanjutkan karyanya membuat kaligrafi. Saya mulai menyelesaikan kaligrafi-kaligrafi yang dulu dibuat oleh suami saya dan belum kelar," ujarnya dilansir dari Mvslim, Rabu (5/2/2020).

Muslimah berusia 53 tahun itu mengatakan, ia berjanji kepada Pemerintah Turki setempat untuk menyelesaikan pekerjaan suaminya yang belum rampung seperti yang dijanjikan. Almarhum suaminya seorang master kaligrafi bernama Mehmet Ak.

Kaligrafi Mehmet Ak, ujar istrinya, telah menghiasi banyak masjid di seluruh Turki dan mengabdikan hidupnya untuk karya seni Islam hingga ia meninggal dunia pada November 2019.

“Seni kaligrafi juga tentang perasaan orang. Suami saya tidak pernah melukis menggunakan pola. Ia selalu menciptakan lukisan yang ada dalam pikirannya,” lanjutnya. 

Seperti diketahui kaligrafi adalah seni artistik tulisan tangan berdasarkan alfabet Arab di negara-negara muslim. Perkembangan kaligrafi Islam sangat terkait dengan Alquran.

Ayat-ayat Alquran sering menjadi inspirasi dalam membuat kaligrafi. Secara umum kaligrafi berkembang dari dua gaya utama yakni kufic dan naskh.

Ada beberapa variasi masing-masing, serta gaya khusus regional. Seni kaligrafi juga telah dimasukkan ke dalam seni modern yang dimulai dengan periode pasca-kolonial serta gaya kaligraffiti yang lebih baru.[]Sumber:okezone

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.