25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mengenal Viral

...

  • SAFRIANDI A. ROSMANUDDIN
  • 13 November 2017 14:30 WIB

Media sosial merupakan sarana penyebaran berbagai informasi secara cepat dan luas.
Media sosial merupakan sarana penyebaran berbagai informasi secara cepat dan luas.

Tak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi memberi pengaruh yang signifikan bagi perkembangan bahasa Indonesia. Tak perlu waktu berjam-jam, hanya dalam hitungan menit, istilah-istilah dalam teknologi mendadak akrab dan lazim digunakan dalam kegiatan berbahasa sehari-hari.

Ambil saja contoh kata viral. Belakangan ini, kata ini mendadak tenar. Hampir semua pengguna aktif internet pernah mendengar atau menggunakan kata-kata itu. Terlebih bagi mereka yang aktif menggunakan media sosial. Karena seringnya menggunakan kata ini, ada baiknya kita mengetahui tentang kata viral ini.

Kata “viral” digunakan untuk menyebut sesuatu yang menyebar dengan cepat di internet. Sebuah gambar, artikel, atau blog yang dibagikan secara masif oleh orang banyak disebut viral.

Dikutip dari portalsemarang.com, kata “viral” berasal dari bahasa Inggris dan merupakan kata sifat. Dalam catatan Etymologi Online Dictionary, kata ini sudah muncul sejak 1944. Artinya, “segala sesuatu yang berkaitan dengan virus”. Virus sendiri adalah istilah dari bidang kedokteran untuk menyebut mikroorganisme yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, penyebar penyakit tertentu. Kata virus belakangan juga digunakan untuk menyebut software jahat (ilegal) yang dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui jaringan atau disket sehingga menyebar dan dapat merusak program yang ada.

Ada kesamaan esensial dari kata “virus” yang dipakai dalam bidang kedokteran dengan kata yang sama dalam bidang komputer. Kedua-duanya digunakan untuk menyebut sesuatu yang lekas “menyebar”. Nah, kesamaan itulah digunakan sebagai arti kata “viral. Di Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi V, viral diartikan sebagai “bersifat menyebar luas dan cepat seperti virus.”[]

Editor: SAFRIANDI A. ROSMANUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.