31 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Melihat Langsung Koleksi Kerajaan Islam Tertua
Murid SD Ini Kunjungi Museum Islam Samudra Pasai

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 31 August 2019 18:00 WIB

Murid SDN 6 Tanah Jambo Aye mengunjungi Museum Islam Samudera Pasai. @istimewa
Murid SDN 6 Tanah Jambo Aye mengunjungi Museum Islam Samudera Pasai. @istimewa

SAMUDERA - Sebanyak 70-an murid SD Negeri 6 Tanah Jambo Aye mengunjungi Museum Islam Samudra Pasai di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Sabtu 31 Agustus 2019. Kedatangan mereka untuk belajar dan melihat langsung koleksi kesejarahan kerajaan Islam tertua di Samudra Pasai.

“Kunjungan ini merupakan apresiasi kita untuk murid-murid yang ikut memeriahkan hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus lalu," ujar Kepala SDN 6 Tanah Jambo Aye, Leli Andasna, S.pd kepada portalsatu.com.

Leli mengatakan, salah satu tujuan ya agar para murid memperoleh pengetahuan tentang sejarah Kesultanan Islam Sumatra (Samudra Pasai) dengan melihat bukti-bukti autentik yang ditemukan para ahli di bidangnya.

“Untuk menghindari distorsi sejarah Kesultanan Islam Sumatra (Samudra Pasai) yang sudah beredar selama ini. Antusias murid  sangat besar untuk mempelajari sejarah berdasarkan kebenaran, bukan rekaan dari cerita tutur dan hikayat yang belum tentu sumbernya benar. Kita akan menjadikan kegiatan ini rutin setiap bulannya," pungkas Leli Andasna.

Acara dilanjutkan dengan belajar bersama tentang pengetahuan yang diperoleh para murid melalui pengamatan dan penjelasan di Museum. Mereka belajar dipandu oleh Nurliana NA, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara sekaligus Kepala Museum Islam Samudra Pasai.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.