26 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Penguatan Karakter
Museum Islam Samudra Pasai Gelar Lomba Menggambar dan Mewarnai Koleksi

...

  • PORTALSATU
  • 31 October 2020 15:30 WIB

Foto: dok. Museum Islam Samudra Pasai
Foto: dok. Museum Islam Samudra Pasai

LHOKSUKON –  Museum Islam Samudra Pasai di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, menggelar lomba menggambar dan mewarnai koleksi museum itu yang diikuti 29 anak usia 7 sampai 13 tahun, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Sebelumnya, Sabtu lalu, sudah dilaksanakan lomba mewarnai koleksi museum tersebut diikuti 28 anak umur 4 sampai 7 tahun. Perlombaan tersebut bertujuan untuk mendukung penguatan karakter anak.

“Ada tiga pilar yang membentuk karakter, yaitu olahpikir, olahraga atau badan sehat, dan olah budaya melalui seni (olahseni). Dengan mengikuti lomba mewarnai koleksi museum, maka akan terjadi olahpikir pada masing-masing peserta yang merupakan anak-anak TK. Saat mewarnai gambar itu, dia akan berpikir sehingga tidak mencoret sembarangan. Dia juga akan berpikir, ini gambar apa yang diwarnai, pastinya koleksi museum. Satu anak TK ingat satu koleksi museum saja, dia sudah mencintai museum kita,” ujar Kepala Museum Islam Samudra Pasai, Nurliana NA., melalui telepon seluler, Sabtu, 31 Oktober 2020, usai siang.

Selain itu, kata Nurliana, peserta lomba mewarnai gambar koleksi Museum Islam Samudra Pasai juga akan melakukan olahseni. “Ketika dia warnai gambar koleksi museum tentu ada seni, itu sudah masuk ke olah budaya. Dan mewarnai itu membutuhkan kerja tangan, jadi dia olahraga juga”.

“Lalu, lomba menggambar dan mewarnai yang kita laksanakan hari ini tentu lebih tinggi lagi olahpikir dan olahseninya. Bagaimana anak-anak usia 7 sampai 13 tahun itu yang pernah ke museum kita, mencoba mengingat kembali salah satu koleksi untuk dia gambar sendiri dan juga diwarnai,” tutur Nurliana yang juga Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara.

Menurut Nurliana, hasil lomba menggambar dan mewarnai pada Sabtu pagi sampai menjelang siang tadi, dari 29 peserta, sebagian di antaranya mampu mereplika koleksi Museum Islam Samudra Pasai. “Tinggal dewan juri menilai kerapian dan kesesuaian gambar,” ucapnya.

Nurliana menambahkan, pihaknya juga akan mengadakan lomba presentasi koleksi museum untuk peserta usia 14 sampai 19 tahun, dan lomba story line terkait koleksi museum itu bagi peserta 17 sampai 24 tahun. Direncanakan lomba tersebut dilakukan pada pekan pertama November 2020.

“Lomba presentasi, misalnya dia (peserta) memperkenalkan salah satu koleksi museum kita tentang kegunaan, dari mana asalnya, dan terbuat dari apa koleksi itu. Sedangkan lomba story line, misalnya dia membedah tentang satu koleksi itu, bahannya seperti apa, proses pembuatannya bagaimana, dan hasil karya itu untuk apa. Jadi, dia akan betul-betul cinta dengan apa yang dia tuliskan tentang koleksi itu,” ujarnya.

Panitia lomba merencanakan mengumumkan enam besar (enam peserta terbaik) untuk masing-masing jenis perlombaan pada 10 November 2020. “Selanjutnya, 26 November 2020, akan kita umumkan siapa saja juara satu sampai enam untuk masing-masing lomba, dan pembagian hadiah,” kata Nurliana.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.