19 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Peluncuran Biografi HKL, Penulis Nab Bahany As: Ini Baru Sisi Ketekunan HKL

...

  • JAUHARI SAMALANGA
  • 16 November 2017 19:00 WIB

Peluncuran Buku Biografi H Harun Keuchik Leumiek berjudul Harun Keuchik Leumik Penyelamat Warisan Budaya, di Gedung PWI, Kamis 16 November 2017. @JAUHARI
Peluncuran Buku Biografi H Harun Keuchik Leumiek berjudul Harun Keuchik Leumik Penyelamat Warisan Budaya, di Gedung PWI, Kamis 16 November 2017. @JAUHARI

BANDA ACEH - Nab Bahany mengungkap alasannya menuliskan buku biografi H Harun Keuchik Leumik (HKL). Salah satu alasannya adalah peran dan pengabdian besar Harun Keuchik Leumik terhadap penyelamatan benda-benda sejarah Aceh.

Hal ini disampaikan Nabi Bahany AS saat peluncuran buku "Harun Keuchik Leumiek Penyelamat Warisan Budaya" di Gedung PWI Aceh, Banda Aceh, Kamis, 16 November 2017.

"Dorongan menulis buku biografi Harun Keuchik Leumik untuk mengangkat lika-liku, pengabdian, dan perjuangan beliau sebagai penyelamat warisan budaya Aceh yang menjadi aset yang tidak ternilai," kata Nab Bahany.

Nab Bahany menyebutkan, sebagai wartawan senior dan penulis produktif, HKL bisa saja menulis buku otobiografinya sendiri secara lengkap. Namun hal tersebut tidak dilakukan karena HKL mempercayakan pada keobjektifan nilai sebuah buku yang menulis riwat hidupnya.

"Tentu berbeda nilainya bila ditulis oleh orang lain. Atas pertimbangan itulah mempercayakan kami menulis tentang biografinya," kata Nab Bahany.

Nab sebagai orang dipercaya untuk menulis buku ini, mengakui banyak hal yang kurang dalam mencatat rekam jejak Harun Keuchik Leumik.

"Apalagi pak Harun memiliki aneka profesi yang menonjol, seorang jurnalis profesional, seorang kolektor benda budaya, saudagar yang sukses di bidang emas yang terkenal di seluruh dunia. Tulisan ini mungkin hanya dari satu sisinya saja, yaitu ketekunan sebagai kolektor yang menyelamatkan benda-benda sejarah Aceh," kata Nab Bahany.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.