25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Penggunaan Dsb., Dst., dan Dll.

...

  • SAFRIANDI A. ROSMANUDDIN
  • 13 September 2017 10:40 WIB

Ungkapan dan sebagainya (dsb.), dan seterusnya (dst.), serta dan lain-lain (dll.) sering digunakan dalam arti yang sama. Padahal, ketiga ungkapan tersebut mempunyai arti yang berbeda. Kita perlu memahami secara cermat pengertian yang terkandung pada ketiga ungkapan itu.

Ungkapan dan sebagainya digunakan untuk menyatakan perincian lebih lanjut yang bentuknya sejenis. Hal itu tampak pada kalimat berikut.

(1)Hadiah yang diperebutkan dalam sayembara itu adalah televisi, radio, video, dan sebagainya.

Dalam contoh (1) unsur televisi, radio, dan video merupakan perincian yang se­jenis sehingga penggunaan ungkapan dan sebagainya pada akhir perincian itu lebih tepat.

Ungkapan dan lain-lain bermakna 'penghubung satuan ujaran yang ber­beda, beragam, atau tidak sama'. Atas dasar itu, ungkapan dan lain-lain lebih tepat digunakan pada perincian yang beragam, seperti terlihat dalam kalimat berikut.

(2)Asap tebal itu selain berasal dari hutan yang terbakar, juga berasal dari kendaraan bermotor, cerobong pabrik, dan lain-lain.

Contoh (2) memperlihatkan bahwa hutan yang terbakar, kendaraan ber­motor, dan cerobong pabrik merupakan perincian yang beragam sehingga ungkapan dan lain-lain lebih tepat digunakan.

Ungkapan dan seterusnya berarti 'selanjutnya, berikutnya' atau 'sejak kini dan selanjutnya'.

Ungkapan dan seterusnya tepat digunakan pada perincian yang ber­jenjang atau yang berkelanjutan secara berurutan, seperti pada kalimat berikut.

(3)Para siswa diminta mempelajari buku Matematika dari Bab I, II, III, dan seterusnya.

Ungkapan dan seterusnya pada contoh (3) tepat digunakan karena me­rupakan perincian yang berurutan.

Ungkapan dan lain sebagainya, hendaknya tidak digunakan dalam komuni­kasi resmi karena ungkapan itu rancu, yang merupakan gabungan dari dan lain-lain dengan dan sebagainya.[]

Editor: SAFRIANDI A. ROSMANUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.