20 August 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Perlindungan dan Pelindungan, Samakah?

...

  • SAFRIANDI A. ROSMANUDDIN
  • 12 March 2018 10:45 WIB

Kata perlindungan dan pelindungan berasal dari kata dasar yang sama, yaitu lindung. Namun, imbuhan dan proses penurunannya berbeda. Kata perlindungan diturunkan dari lindung,berlindung, perlindungan, sedangkan pelindungan diturunkan dari lindung,melindungi,pelindungan.

Bandingkan kata perlindungan itu dengan persembunyian, peristirahatan, dan permukiman. Lalu, bandingkan pula kata pelindungan dengan penyembunyian, pengistirahatan, dan pemukiman. Berdasarkan proses pengimbuhannya, dapat diketahui bahwa makna kata perlindungan berhubungan dengan kata kerja berlindung, sedangkan kata pelindungan berhubungan dengan kata melindungi. Jadi, perlindungan berarti ‘tempat berlindung’, sedangkan pelindungan berarti ‘perihal melindungi’.

Begitu pula kata persembunyian, peristirahatan, dan permukiman yang masing-masing berarti ‘tempat bersembunyi’, ‘tempat beristirahat’, dan ‘tempat bermukim’, sedangkan kata penyembunyian, pengistirahatan, dan pemukiman masing-masing berarti ‘perihal menyembunyikan’, ‘perihal mengistirahatkan’, dan ‘perihal memukimkan’.

Berikut ini contoh pemakaian kata perlindungan dan pelindungan yang salah dan benar.

1.Rumah itu dijadikan pelindungan bagi kaum gelandangan (salah).
1a. Rumah itu dijadikan perlindungan bagi kaum gelandangan (benar).

2.Perlindungan pemerintah terhadap terhadap rakyat harus maksimal (salah).
2a. Pelindungan pemerintah terhadap rakyat harus maksimal (benar).

Sumber:badanbahasakemdikbud.go.id

Editor: SAFRIANDI A. ROSMANUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.