21 June 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pertama di Dunia, Mehmet Ozay Terbitkan Buku Sejarah Kesultanan Aceh Berbahasa Turki

...

  • THAYEB LOH ANGEN
  • 08 June 2018 16:45 WIB

Buku Ace Darusselam Sultanligi karya Dr Mehmet Ozay, sosiolog, sejarawan, dan peneliti independen Turki. @PORTALSATU.COM/THAYEB LOH ANGEN
Buku Ace Darusselam Sultanligi karya Dr Mehmet Ozay, sosiolog, sejarawan, dan peneliti independen Turki. @PORTALSATU.COM/THAYEB LOH ANGEN

BANDA ACEH - Dr Mehmet Ozay, yang merupakan sosiolog, sejarawan, dan peneliti independen dari Turki, telah menerbitkan buku sejarah berjudul: Ace Darusselam Sultanligi (Melayu/Indonesia: Kesultanan Aceh Darussalam), dalam bahasa Turki. Ini merupakan buku sejarah Kesultanan Aceh Darussalam yang pertama sekali diterbitkan dalam bahasa Turki, dan ditulis oleh cendikiawan Turki.

Buku Ace Darusselam Sultanligi ini mengisahkan Aceh bukan saja pada masa Aceh Darussalam, tetapi dimulai sejak zaman pra-Islam, dan sejarah barat dan timur dunia Laut India (termasuk Arabi-India-China dan hubungan mereka dengan Sumatra dan Aceh).

Buku Ace Darusselam Sultanligi mengisahkan pula tentang kerajaan kecil-besar di kawasan Aceh klasik (utara Sumatera) termasuk Samudra-Pasai. Kemudian mengisahkan Aceh Darussalam berdiri dan berjaya, sampai hilang setelah berperang dengan Belanda pada abad ke 20 Masehi.

Dengan tebal 600 halaman, buku ini punya 59 halaman di antaranya merupakan daftar putaka. Ini merupakan salah satu daftar pustaka terbanyak untuk buku sejarah yang pernah ada. Daftar pustaka itu dari data berbagai negara, termasuk sumber dari Surat Kabar The Straits Times, Singapore, terbitan tahun 1870-an, di tengah perang Belanda di Aceh berkecamuk.

"Saya menulis buku Ace Darusselam Sultanligi ini selama saya di Aceh dan Malaysia. Sekira 10 tahun. Oleh karenanya, saya dapat mengumpulkan hampir semua sumber-sumber primary dan sekondary termasuk dokumen dari arsip. Khususnya pustaka-pustaka di Aceh, juga pustaka nasional, pustaka Universitas Malayu (UM), pustaka IIUM, pustaka Universitas Nasional Malaysia (UKM) di Kuala Lumpur; Pustaka Universitas Nasional (NUS), Pustaka Nasional Singapore (Singapora) dan terakhir pustaka nasional dan arsip di Jakarta," kata Mehmet Ozay kepada portalsatu.com, dari Istanbul, Turki, Jumat 8 Juni 2018.

Mehmet mengharapkan, buku Ace Darusselam Sultanligi dapat bermanfaat untuk orang Turki khususnya. Karena, tidak ada satu buku pun tentang Aceh yang lebih detail daripada buku ini.

"Buku ini sempurna karena orang Aceh dari kampung sampai kampus membantu saya sejak awal kedatangan saya ke Aceh. Kalau saya tak bisa sampai ke Aceh dan tak punya hubungan langsung dengan orang Aceh di tanah Aceh, maka buku Ace Darusselam Sultanligi tidak akan selengkap ini. Saya juga akan menulis buku-buku lain. Insya Allah versi lain buku ini juga akan diterbit di dalam masa depan," kata Mehmet Ozay yang juga owner (pendiri) Lembaga Kebudayaan Aantarbangsa Pusat Kebudayaan Aceh-Turki (PuKAT). 

Mehmet mengatakan, Penerbit Fatih Sultan Mehmet Waqaf University (FSMWU) memberitahukannya bahwa buku Ace Darusselam Sultanligi sudah dikirim ke pustaka kantor presiden Turki.

"Mungkin rektor FSMWU memberi satu buku kepada seorang di dekat presiden. Oleh karena buku ini satunya diterbitkan oleh pihak Ottoman -Malay World Studies Center at FSMWU," kata Mehmet Ozay. 

Buku Ace Darusselam Sultanligi sudah berada di pasar buku Turki. Telah ada di distributor kitapyurdu dan juga kedai buku pandora yang terkenal di Istanbul. Harga buku ini berkisar antara 40 sampai 60 Lira Turki. Yang murah karena ada diskon, tapi termahal hanya 60 Lira.

Menurut pantauan portalsatu, buku Ace Darusselam Sultanligi ini memakai sudut pandang Islam, Aceh, dan Turki, bukan seperti buku sejarah Aceh yang ditulis oleh penjajah dan Barat serta sejarawan didikannya. Ini adalah buku yang membanggakan bagi khasanah peradaban Aceh.

Tentang Buku: Judul: Ace Darusselam Sultanligi. Penulis: Mehmet Ozay. Editor: Prof Dr Fahameddin Basar. Tebal Buku: 600 halaman. Harga buku: 40-60 Lira Turki. ISBN: 978-605-2386-08-8/e-ISBN978-605-2386-07-1. Penerbit: Fatih Sultan Mehmet Vakif Universitesi Kutuphanesi CIP, di Istanbul, Turki.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.