26 September 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia

Pemkab Aceh Besar Diminta Melakukan Pemugaran
Peusaba: Kondisi Masjid Tgk. Chik Kuta Karang Memprihatinkan

...

  • Jamaluddin
  • 08 September 2018 10:00 WIB

Masjid Tgk. Chik Kuta Karang. @istimewa
Masjid Tgk. Chik Kuta Karang. @istimewa

ACEH BESAR - Pemkab Aceh Besar dan Balai Pelestarian Cagar Budaya BPCB Aceh-Sumut diminta memugar masjid peninggalan tokoh Astronomi Aceh dan pengarang kitab Tajul Muluk Aceh abad 19 Masehi Teungku Syeikh Abbas Kuta Karang.

Permintaan itu disampaikan Ketua Pubeudoh Sejarah Adat dan Budaya Aceh (Peusaba), Mawardi Usman, di Deunong, Darul Imarah, Aceh Besar, Jumat, 7 September 2018. Mawardi mengatakan, kondisi masjid peninggalan Tgk. Chik Kuta Karang kini sangat memprihatinkan. Kondisi keramik sudah rusak, kayunya yang lapuk dimakan rayap, atap bocor, dan jendela pun rusak.

"Kita sebagai orang Aceh merasa malu ketika wisatawan asing datang melihat, sedangkan mereka tahu bahwa itu adalah peninggalan tokoh besar Aceh. Seharusnya kita memberi apresiasi yang tepat terhadap situs peninggalan Tgk. Chik Kuta Karang," kata Mawardi.

Mawardi mengatakan, dengan memberikan perawatan yang tepat terhadap situs sejarah tersebut, sama dengan menyelamatkan satu bukti sejarah dari potensi kehancuran dan kemusnahan. 

"Kita yang sangat terkenal di mancanegara akan kekayaan budaya dan sejarah masa lalu yang gemilang, layaknya pemerintah mampu menjaga dan melestarikan peninggalan masa lalu itu agar menjadi teladan bagi generasi ke depan sebelum semuanya rusak dan sirna," kata Mawardi.[]

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.