26 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Peusaba Minta Walikota Banda Aceh Serius Selamatkan Situs Bersejarah

...

  • portalsatu.com
  • 11 February 2020 09:00 WIB

Mawardi Usman.
Mawardi Usman.

Ketua Peusaba Aceh, Mawardi Usman, meminta Walikota Banda Aceh untuk serius memperhatikan dan segera memperbaiki situs sejarah Aceh. 

Ia merujuk pada situs yang dinilainaya paling penting dan terkuat koneksi hubungan Aceh dengan Mekkah- Madinah Negeri Hijaz yang sekarang dikenal dengan negeri Arab, yaitu makam Sultan Sayed Jamalul Alam Badrul Munir Jamalullail, yang tertutup bangunan dan nyaris hilang musnah. Disebutkan, Sultan ini ahlul bait keturunan Rasulullah.

"Padahal pada zaman Jamalullail, pedagang Arab dan timur tengah melakukan kontak yang intens, baik itu perdagangannya maupun ulama dan mubaligh Arab dan Timur Tengah, menjadikan Aceh sebagai kota transit penting penyebaran Islam di Asia Tenggara," katanya. 

Menurutnya, hampir semua ulama penyebar Islam di Asia tenggara pernah menetap atau mengajar di Bandar Aceh Darussalam sebelum kemudian berdakwah. Selain itu, kata dia, banyak ulama asli Aceh juga menjadi penyebar Islam di Asia tenggara, maka sudah selayaknya jasa semua ulama dan aulia dihargai.

"Makam lain yang juga wajib diselamatkan Makam Wanita Bangsawan Arab Tun Rahmatullah Ad Duali dari Bani Kinanah Arab yang sekarang ada di dalam rawa-rawa Gampong Pande yang terbengkalai, dan lain-lain. 

Kata Mawardi, situs ini adalah bukti penting hubungan Bandar Aceh dengan Arab masa lalu. Maka adalah penting untuk menyelamatkan seluruh situs sejarah. 

"Apalagi sekarang negara Arab sudah tertarik berinvestasi ke Aceh, maka sudah seharusnya bukti hubungan Aceh dengan Arab terjaga dengan baik. Dan juga perlu diperlihatkan hubungan Aceh dengan Timur Tengah sudah berlangsung ribuan tahun. Jika bukti sejarah hilang maka apalagi yang bisa kita tunjukkan. Demikian juga banyak makam tokoh-tokoh penting lainnya dari Persia dan Turki harus terjaga dengan baik," kata Mawardi.  

Mawardi mengatakan, makam Sultan Sayed Jamalul Alam Badrul Jamalullail harus mendapatkan prioritas karena beliau adalah Sultan Aceh keturunan Rasulullah juga keturunan Arab yang memperkuat hubungan Aceh Darussalam dengan negara-negara di Timur Tengah.[] Rilis

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.