16 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


PuKAT Sajikan Baklava di PKA, Kue Khas Turki Masa Ottoman

...

  • PORTALSATU
  • 08 August 2018 14:30 WIB

PuKAT sajikan baklava di PKA, kue khas Turki Masa Ottoman. @Istimewa/Zahraini
PuKAT sajikan baklava di PKA, kue khas Turki Masa Ottoman. @Istimewa/Zahraini

BANDA ACEH - Kuliner manis khas Turki yang telah ada sejak masa Byzantium hingga masa kesultanan Ottoman, benama Baklava, hadir di stand Pusat Kebudayaan Aceh Turki (PuKAT) pada even Aceh History Expo yang berlangsung di Museum Aceh hingga 14 Agustus 2018.

Baklava merupakan salah satu kuliner khas Turki. Stan PuKAT menyediakan Baklava ini kepada beberapa pengunjung PKA 7. Pembuat Baklava tersebut, Zahraini mengatakan, ia membuat baklava, untuk mengenalkan makanan khas Turki pada pengunjung pameran.

"Balakva ini kue khas negara Turki pada masa Ottoman, diramu pertama kali di kota Gaziantep. Kalau orang Aceh suka makanan ini kemungkinan dia keturunan Turki," kata Zahraini yang merupakan pengajar di STKIP BBG Banda Aceh dan mahasiswa program doktor Manajemen Pendidikan di Unimed.

Lulusan Tataboga Unsyiah ini menyebut, dirinya membuat khusus makanan ini untuk dicicipi peserta dan pengunjung pameran. Zahraini meraciknya menggunakan resep sesuai dengan baklava yang ada di Turki.

Salah satu pengunjung, Ainal Mardhiah saat ditanya bagaimana rasa kuliner tersebut. Ia menyebut kue ini unik. "Saya pernah mendengar, namun baru kali ini mencobanya. Ternyata Baklava punya tiga rasa dalam satu kue. Saya gak bisa jelasin, tapi ada manis dan asam di ujung lidah," ujarnya.

Koordinator Pameran PuKAT, Ariful Azmi Usman menyebut, pada hari pertama pameran sudah ada beberapa pengunjung yang datang. Dan mereka tertarik dengan bacaan-bacaan buku dari Turki yang ada di stan PuKAT. 

"Beberapa buku arsitektur karya Mimar Sinan ada di sini, pengunjung banyak yang penasaran ketika melihat isi buku. Beberapa pengunjung juga kagum dengan kondisi Turki saat ini," kata Ariful. 

Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 tahun ini digelar dengan  mengusung tema ‘Etnik Multi Kultural’. Pembukaan even tahunan ini berlangsung meriah dan dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu (5/8) malam.

PuKAT menggelar pameran di museum Aceh dalam bingkai Aceh History Expo. Selama PKA berangsung, stan di even ini dibuka mulai pagi hingga pukul 18.00 WIB sore.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.