24 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Terpetakan! Jumlah Bahasa di Seluruh Dunia, Di mana Posisi Indonesia?

...

  • REPUBLIKA
  • 06 February 2016 08:00 WIB

Negara dengan bahasa terbanyak kedua adalah Indonesia.

Setiap orang mungkin bertanya-tanya ada berapa banyak bahasa yang digunakan manusia di dunia. Sebuah penelitian terbaru membeberkan jumlahnya, yaitu sebanyak 7.000 bahasa dan digunakan hampir tujuh miliar orang.

Jumlah ini tidak merata di setiap benua. Asia dan Afrika menjadi rumah bagi sebagian besar keragaman linguistik. Beberapa bahasa ada juga yang hanya digunakan oleh kurang dari 36 orang. Seperti Pitcaim, negara ini hanya punya dua bahasa dalam populasinya dan digunakan kurang dari 36 orang.

Papua Nugini menjadi negara dengan jumlah bahasa terbanyak di seluruh dunia, yaitu 839 bahasa hidup. Hampir tiga kali lipat milik negara-negara Eropa dikombinasikan. Sebanyak 839 bahasa ini imbas dari keragaman etnis dan budaya.

Negara dengan bahasa terbanyak kedua adalah Indonesia, yaitu sekitar 700 bahasa. Posisi ketiga adalah Nigeria dengan sekitar 520 bahasa. Berdasarkan situs Ethnologue yang berisi katalog bahasa-bahasa di dunia, kedua negara ini menyumbang 29 persen dari bahasa yang ada.

Posisi selanjutnya ditempati India, Amerika Serikat, Cina, Meksiko, Kamerun, Australia, dan Brazil. Sementara Inggris memiliki 56 bahasa, 13 di antaranya bahasa asli dan 43 bahasa imigran. Inggris berada di peringkat 171 dari 235 negara dalam indeks keragaman bahasa Ethnologue

Jika dibandingkan dari sisi benua, Asia menjadi benua dengan bahasa terbanyak, yaitu 2.301 bahasa hidup, merefleksikan 60 persen populasi global. Afrika memiliki 2.138 bahasa hidup, sementara Amerika memiliki 1.064 bahasa, dan Eropa hanya 286 bahasa meski menyumbang 26 persen populasi global.

Sementara wilayah Pasifik yang hanya menyumbang 0,1 persen populasi global memiliki keragaman linguistik yang menakjubkan, yaitu 1.313 bahasa hidup, 18,5 persen dari total bahasa di dunia. Selain itu, jika dibanding dari kepemilikan bahasa, Turkmenistan, Kirgistan dan Selandia baru adalah negara yang sebagian besar bahasanya berasal dari imigrasi.

Papua Nugini, Indonesia, dan Maroko adalah negara yang keragaman bahasanya 100 persen berasal dari penduduk asli. (republika.co.id)

Editor: SAFRIANDI A. ROSMANUDDIN

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.