10 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Realisasi APBA Lamban, KAMMI Berikan Kartu Kuning Kepada Pemerintah Aceh

...

  • PORTALSATU
  • 11 November 2019 13:45 WIB

Foto: Khairul Anwar
Foto: Khairul Anwar

BANDA ACEH – Massa Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Aceh menggelar demonstrasi di halaman Kantor Gubernur Aceh, Senin, 11 November 2019. KAMMI memberikan kartu kuning kepada Pemerintah Aceh terkait lambannya serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun 2019.

Dalam aksi tersebut, mahasiswa mendorong sepeda motor sebagai ilustrasi realisasi APBA lambat. Aksi KAMMI itu dikawal ketat aparat kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Ketua KAMMI Aceh, Ahsanul Abid, menegaskan, pemberian kartu kuning terkait lambannya realisasi APBA di sejumlah  Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) hingga menjelang akhir tahun 2019. Realisasi anggaran baik untuk pembagunan infrastruktur, ekonomi, pendidikan dan kesehatan saat ini dinilai masih jauh dari target.

“APBA merupakan denyut nadi dari kesejahteraan rakyat Aceh. Kegelisahan yang saat ini masyarakat Aceh rasakan adalah kegelisahan kita semua,” kata dia.

Dia menyebutkan, kondisi Aceh saat ini sangat memprihatinkan, karena perekonomian tidak tumbuh dengan baik, dan pembangunan insfrastruktur terkesan jalan di tempat. Sementara angka kemiskinan dan pengangguran masih tinggi, sebab Pemerintah Aceh dinilai tidak mampu memfasilitasi lapangan pekerjaan baru.

“Gubernur Aceh harus memberikan perhatian dan kepedulian terhadap kondisi Aceh saat ini. Plt. Gubernur Aceh mesti melakukan kontrol langsung dalam hal realisasi APBA,” katanya.

Ahasanul mendesak Plt. Gubernur Aceh memberi ultimatum kepada sejumlah SKPA yang tidak mencapai target realisasi APBA 2019.

“Realisasikan APBA untuk kepentingan rakyat Aceh, bukan untuk mafia-mafia proyek yang hanya mengambil fee atau keuntungan sesaat,” tegasnya.[]

Penulis: Khairul Anwar

Lihat pula: Realisasi Keuangan Hingga Progres Paket APBA dan Otsus 2019

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.