15 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Antisipasi Krisis Pangan Selama Covid-19, Bupati Gayo Lues Ajak Masyarakat Menanam

...

  • Win Porang
  • 01 May 2020 21:25 WIB

Bupati Gayo Lues Muhammad Amru. Foto: Win Porang
Bupati Gayo Lues Muhammad Amru. Foto: Win Porang

BLANGKEJEREN - Masyarakat Kabupaten Gayo Lues diajak menanam tanaman yang bisa meningkatkan swasembada pangan. Pasalnya, jika sewaktu-waktu semua daerah menutup akses keluar dan masuk selama pandemik Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), kebutuhan pokok masyarakat Gayo Lues masih bisa terpenuhi.

Ajakan itu disampaikan Bupati Gayo Lues, H. Muhammad Amru, didampinggi Kasatpol PP Muhammad Irsan dan Safarudin dari Tim Task Force saat lawatan 40 hari pandemik Covid-19 ke Kecamatan Pining, Jumat, 1 Mei 2020.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Gayo Lues agar meningkatkan tanaman padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar, dan tanaman lain yang bisa disimpan dalam waktu lama, serta bisa dijadikan makanan sehari-hari," kata Amru di hadapan seluruh penghulu se-Kecamatan Pining bersama perangkat desanya.

Alasan lain ajakan Bupati itu adalah perkembangan darurat Covid-19 yang tidak bisa diprediksi kapan akan berakhir, dan dikhawatirkan akan berlangsung lama hingga ketahanan pangan di Indonesia menyusut dan tidak semua orang bisa kebagian.

"Kita tidak bisa memprediksikan sampai kapan darurat Covid-19 akan berakhir. Kalaupun berakhir dalam waktu singkat, tentu dampak ekonominya akan sangat luas. Saya berharap kepada masyarakat agar berhemat-hemat, kalau ada barang yang tidak perlu dibeli, tidak usah dibeli," jelasnya.

Untuk mendukung penanaman kebutuhan pokok itu, Bupati mengaku sedang mengodok Bantuan Langsung Bersyarat (BLB) kepada masyarakat. Sehingga nantinya bisa diberikan bantuan berupa mulsa, bibit, dan obat-obatan dengan sayarat siapkan dahulu lahannya.

"Ada beberapa macam bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat Gayo Lues selain BLB ini, seperti BLT, dana PKH dari Kemensos, dan dana BUMK setiap desa juga harus dimanfaatkan sebaik mungkin, jangan hanya ngendap di bank," ujarnya.

Saipul, Camat Pining, mengaku mengaku sudah mengimbau masyarakat setempat untuk terus berkebun dan turun ke sawah di tengah wabah Covid-19. Karena pandemik Covid-19 juga berdampak terhadap adalah krisis ekonomi.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.