29 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Apkasindo Perkirakan Harga TBS Terus Naik 

...

  • SUDIRMAN
  • 15 October 2020 12:20 WIB

 Ketua Apkasindo Kota Subulussalam, Subangun Berutu. Foto: Sudirman
Ketua Apkasindo Kota Subulussalam, Subangun Berutu. Foto: Sudirman

SUBULUSSALAM - Ketua Apkasindo Kota Subulussalam, Subangun Berutu, mengatakan harga TBS diperkirakan akan terus bertahan hingga awal tahun depan. Hal ini melihat perkembangan harga minyak dunia CPO cenderung bertahan bahkan mengalami kenaikan.

Subangun menyebutkan, di awal Pandemi harga TBS semula diperkirakan anjlok, namun yang terjadi sebaiknya TBS semakin mahal menyusul kenaikan CPO yang saat ini berada di angka Rp9.825 per kilogram dari sebelumnya Rp9.586 per kilogram.

"TBS ini salah satu komunitas yang harganya bertahan di saat Pandemi, kita perkirakan harga terus bertahan, bahkan bisa jadi naik terus, jika harga CPO naik," kata Subangun Berutu kepada portalsatu.com, Kamis, 15 Oktober 2020.

Subangun menjelaskan harga TBS saat ini di sejumlah PMKS di Kota Subulussalam terus bersaing yakni PT SSN Rp1.690 per kilogram,  PT BSL Rp1.730 per kilogram, PT BDA Rp1.640 per kilogram dan PT GSS Rp1.790 per kilogram.

Dengan nominal angka di atas, kata Subangun maka harga TBS di tingkat petani sawit minimal Rp1.500 per kilogram. 

Kenaikan TBS ini dipicu oleh harga minyak dunia yang terus mengalami kenaikan, selain itu faktor buah memang sedang mengalami penurunan (trek) diperkirakan sampai akhir tahun. 

"Buah trek grafiknya memang turun, diperkirakan sampai sampai akhir tarun.  Perbruari sampai Juli panen puncat, di situ cenderung harga turun. Tapi kita berharap mudah-mudahan tetap bertahan bahkan naik lagi," ungkap Subangun.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.