25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Asyik! Warga Takengon Bisa Tukarkan Sampah dengan Gas Melon

...

  • NUSI P SEURUNGKENG
  • 13 September 2017 13:20 WIB

@PORTALSATU.COM/NUSI P. SEURUNGKENG
@PORTALSATU.COM/NUSI P. SEURUNGKENG

TAKENGON -- Bagi masyarakat Kota Takengon yang memiliki sampah kini bisa ditukarkan dengan gas elpiji 3 Kg. Penukaran berlaku di Koperasi Bank Sampah yang digagas aparatur Desa Lot Kala, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah.

Reje (kepala desa) Lot Kala Kecamatan Kebayakan, Kurnia Gading mengatakan, penukaran sampah juga berlaku untuk sembako, token listrik atau kebutuhan rumah tangga lainnya yang tersedia. Warga katanya, juga dapat menabung hasil penjualan sampah itu di Koperasi Bank Sampah.

Mekanisme penukaran kata Kurnia, sampah dari masyarakat harus setimpal dengan harga barang yang hendak ditukarkan, seperti gas elpiji 3Kg.

“Yang bisa ditukar hanya sampah anorganik, seperti botol air kemasan, aluminium dan sejenisnya, karena sampah organik baru kita olah dalam skala kecil,” kata Kurnia Gading, Selasa, 12 September 2017.

Ia menjelaskan, harga gas elpiji 3 Kg yang dipasarkan di bank sampah Rp25 ribu pertabung. Harga ini menurut Kurnia, lantaran gas elpiji 3 Kg yang diperoleh bank sampah sudah melalui beberapa agen penyalur.

Kurnia menjelaskan, bank sampah yang digagas aparatur Desa Lot Kala telah beroperasi sejak awal tahun 2015 lalu. Saat itu, Bupati Aceh Tengah H. Nasaruddin turut meresmikan operasi bank sampah tersebut.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.