18 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Berawal Tukang Foto Kopi, Ini Kisah Bisnis Chairul Tanjung

...

  • portalsatu.com
  • 07 November 2019 21:00 WIB

Chairul Tanjung. @Instagram/@anita_chairultanjung
Chairul Tanjung. @Instagram/@anita_chairultanjung

Bagai pungguk merindukan sang rembulan, begitulah kira-kira yang dirasakan pengusaha sukses Chairul Tanjung. Lahir dari keluarga yang mengalami kebangkrutan, membuat Chairul pemilik CT Corp ini tampak bermimpi besar untuk menjadi orang sukses.

Keterpurukan Chairul Tanjung dan keluarga berawal ketika pemerintah mengeluarkan sebuah kebijakan yang membuat usaha koran ayah Chairul gulung tikar. Chairul dan seluruh keluarga terpaksa harus pindah dari rumah yang mewah dan nyaman ke sebuah kontrakan sederhana yang berada di pinggiran kota.

Saat itu juga, CT sapaan akrabnya diterima di Fakultas Kedokteran Gigi Univeritas Indonesia. Kendati hidup dengan ekonomi yang memprihatinkan, Chairul Tanjung tak lantas mengasihani dirinya sendiri.

"Saya lahir dari keluarga yang cukup tapi orang tua saya tidak membiayai pendidikan saya. Untuk itu saya berpikir untuk melakukan sesuatu yang dapat menolong keluarga dan kuliah saya," ujar Chairul dalam wawancara Voices of Success di Forbes, Kamis (31/11/2019).

Keadaan inilah yang memaksa Chairul untuk bisa hidup mandiri. Sembari kuliah, dia justru membuka usaha jasa fotokopi di bawah tangga kampus.

Ia pun mencoba peruntungan dengan berbagai bisnis lainnya, seperti mencoba merintis usaha penjualan alat-alat kedokteran, dan bisnis kontraktor. Namun sayangnya, hal itu tidaklah berjalan mulus.

Menurutnya, tanpa memulai bisnis Anda tidak akan menjadi apa-apa. Itu karena Anda tidak akan memiliki bekal, seperti pengalaman dan ilmu.

"Kesalahan apapun yang saya lakukan itu adalah proses dan saya tahu kesalahan akan selalu datang. Dan dari situ saya belajar untuk menghindari kesalahan," ungkap dia.

Chairul Tanjung membuktikan bahwa kegagalan bukanlah sebuah neraka. Dalam setiap bisnis kegagalan adalah hal yang biasa.

Dari kegagalan tersebut itulah yang membuat si Anak Singkong ini memiliki bisnis di berbagai bidang, seperti jasa keuangan, media, ritel dan properti.

Forbes menyatakan Chairul Tanjung merupakan orang terkaya kelima di Indonesia dengan kekayaan senilai US$3,7 miliar.  Secara global CT berada di peringkat 568 orang terkaya di dunia 2019.[]Sumber:cnbcindonesia

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.