07 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


BPKD Simeulue Sudah Cairkan 90 Persen Dana Desa 2019

...

  • PORTALSATU
  • 22 November 2019 17:30 WIB

ilustrasi. Foto: istimewa/net
ilustrasi. Foto: istimewa/net

SIMEULUE - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Simeulue, Novikar Setiadi, mengatakan pihaknya sudah mencairkan 90 persen dana desa bersumber dari APBN tahun 2019. Dia memperkirakan pencairan dana desa dengan cara ditransfer ke rekening 138 desa di 10 kecamatan dalam Kabupaten Simeulue akan tuntas pada akhir November ini. 

"Hanya beberapa desa lagi yang belum tersalurkan dana desanya. Untuk pencairan tahap tiga atau tahap terakhir tahun 2019, 90 persen dana desa telah kami transfer ke rekening pemerintah desa, kami cairkan setelah dokumennya memenuhi persyaratan," kata Novikar, Kamis, 21 November 2019, malam.

Menurut Novikar, dari total pagu dana desa tahun 2019 sekitar Rp140 miliar lebih yang dialokasikan kepada 138 desa di Kabupaten Simeulue, sudah terealisasikan hingga tahap tiga sekitar Rp120 miliar.

“Dengan telah 90 persen yang tersalurkan dana desa tersebut, sehingga Kabupaten Simeulue masuk dalam daftar tercepat di Provinsi Aceh. Ini karena koordinasi semakin baik antara pihak desa dengan pemerintah dan fasilitator serta tim pendamping dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten,” ujarnya.

Dia berharap pengelolaan dana desa mengedepankan transparansi dan akuntabel. "Sehingga peruntukan dana desa itu dapat dipertanggungjawabkan kembali kepada masyarakat dan kepada pemerintah," tegas Novikar Setiadi.[]

Penulis: Egar Shabara

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.