21 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


BPMA: Sejumlah Perusahaan Migas akan Pengeboran di Aceh Tahun Ini

...

  • Fazil
  • 08 April 2019 18:00 WIB

Azhari Idris. Foto: portalsatu.com/Fazil
Azhari Idris. Foto: portalsatu.com/Fazil

LHOKSEUMAWE – Plt. Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), Azhari Idris, mengatakan, sejumlah perusahaan minyak dan gas akan melakukan pengeboran untuk mencari cadangan migas di Aceh pada tahun ini.

Azhari Idris menyampaikan itu kepada para wartawan di sela-sela seminar publik “Sinergitas BPMA dengan Pemerintah dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama Mendorong Percepatan Investasi Hulu Migas di Aceh”. Seminar tersebut digelar  Universitas Malikussaleh (Unimal) bekerja sama dengan SKK Migas, BPMA, Zaratex N.V., dan Triangle Pase Inc., di Aula Meurah Silue Kampus Pascasarjana, Lhokseumawe, Senin, 8 April 2019.

Menurut Azhari, Renco Elang Energy (REE) direncanakan akan melakukan pengeboran di Aceh Timur pada Juni 2019. "Disinyalir (di lokasi yang akan dibor) itu ada minyak, tetapi untuk membuktikannya harus dengan cara pengeboran,” ujarnya.

“Kemudian, ada Triangle Pase Inc., di Langkahan atau perbatasan Aceh Timur dan Aceh Utara, kita akan bor (sumur baru), insya Allah pada 19 April 2019. Itu dalam akhir tahun ini akan diketahui berapa besar potensi migas di situ, baru akan bisa diproduksikan," ungkap Azhari.

Azhari melanjutkan, direncanakan pada tahun depan Repsol asal Spanyol akan melakukan pengeboran di lepas pantai Pidie Jaya.

"Mudah-mudahan ini bisa memberikan sesuatu yang bagus, karena Aceh sudah hampir 40 tahun tidak ada eksplorasi migas besar-besaran. Yang diproduksi PT Pertamina sekarang itu merupakan hasil temuan dari survei tahun 1970-an, maka kita nikmati saat ini," ujar Azhari.

"Semoga (ekplorasi di lokasi baru) ini bisa memberikan prospek yang bagus bagi Aceh di masa yang akan datang," kata Plt. Kepala BPMA.

Sebelumnya, Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan, Repsol sudah mempresentasikan hasil survei di lepas pantai Pidie Jaya. Menurut Nova, hasil survei itu dipresentasikan di Madrid, Spanyol, bulan lalu

“Dia menggunakan lab di Madrid, karena lebih murah. Saya sudah mengirimkan perwakilan Pemerintah Aceh: PDPA dan BPMA—SKK Migasnya Aceh. Mungkin akhir 2019 sudah mulai persiapan, mungkin 2020 sudah mulai pengeboran,” ujar Nova menjawab wartawan usai peresmian Operasional Pusat Logistik Berikat (PLB) PT Perta Arun Gas, di Pelabuhan PAG, Blang Lancang, Lhokseumawe, 2 April 2019.

Edukasi Migas

Plt. Kepala BPMA, Azhari Idris, menilai seminar publik “Sinergitas BPMA dengan Pemerintah dan Kontraktor KKS Mendorong Percepatan Investasi Hulu Migas di Aceh”, yang digelar di Unimal itu penting untuk mengedukasikan mahasiswa, dan memberikan informasi kepada publik tentang kegiatan migas di Aceh. “Terutama berkenaan dengan apa yang telah dilakukan, apa yang akan dilakukan ke depan dan bagaimana proses yang sudah dilakukan dan sebagainya”. 

"Yang kita inginkan ke depan adalah semua industri migas yang ada di Aceh bagaimana bisa mempekerjakan para alumni kampus di sekitar. Jadi, perguruan tinggi itu harus tahu dari awal arah pendidikannya kemana, dan apa potensi pekerjaan yang ada di Aceh pada masa yang akan datang," kata Azhari.

Baca juga: Unimal Gelar Seminar Terkait Migas Aceh, Ini Kata Rektor

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.