25 September 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Gaji Rp 5 Juta/Bulan Sebaiknya Jangan Beli iPhone X

...

  • DETIK
  • 13 September 2017 19:40 WIB

iPhone X. @detik
iPhone X. @detik

APPLE Inc baru saja merilis tiga varian smartphone baru, yaitu iPhone 8, iPhone Plus, dan iPhone X. Yang disebutkan terakhir harganya paling mahal.

Untuk iPhone X dengan kapasitas 256 GB dipatok dengan harga US$ 1.149 atau Rp 15,1 juta per buah. Bagi sebagian orang, harga sebesar itu mungkin bukan masalah.

Namun Financial Planner dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini Sutikno, tidak menyarankan orang yang punya penghasilan Rp 4,5 juta sampai Rp 5 juta per bulan untuk membeli ponsel keluaran perusahaan asal Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) itu.

"Karena gaji segitu biasanya fresh graduate, yang kebutuhannya masih banyak. Mereka harus beli rumah, kendaraan ataupun biaya nikah. Jadi harus dipikirkan lagi," tegas katanya kepada detikFinance, Rabu (13/9/2017).

Mike menyarankan konsumen yang hendak membeli iPhone keluaran terbaru itu menyusun rencana keuangan terlebih dahulu, salah satunya dengan menyisihkan sebagian gaji bulanan.

Jika tak sabar ingin cepat beli, maka bisa juga beli menggunakan kartu kredit. Namun harus diketahui dulu bunga yang dibebankannya.

Biasanya cicilan untuk sebuah handphone maksimal 12-18 bulan. Lazimnya leasing menarik uang muka 10% sisanya menjadi pembiayaan. 

Jika iPhone X harganya Rp 15 juta, uang mukanya berarti Rp 1,5 juta. Belum ditambah biaya administrasi.

"Nah, (cicilan) itu harus tidak lebih 30% dari pemasukan kita. Karena maksimal cicilan itu tidak boleh lebih dari itu. Itu pun kalau tidak punya cicilan lainnya," tambahnya.[]Sumber:detik

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.