23 July 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Geuchik Gampong Meunasah Rayek: Terima Kasih Indonesia

...

  • PORTALSATU
  • 09 July 2018 08:40 WIB

@Istimewa
@Istimewa

BIBIT padi IF8 mengantar Gampong (Desa) Meunasah Rayek, Nisam, Aceh Utara, Juara 1 Tingkat Provinsi Aceh bidang  Pengelolaan Dana Desa tahun 2017/2018 dan perberdayaan Ekonomi Masyarakat.

Geuchik (Kepala Desa) Meunasah Rayek, Munirwan, SHi, mengatakan, keberhasilan didapat berawal dari hasil kerja sama yang baik seluruh aparatur Tuha Peut gampong serta masyarakat dengan instansi pemerintah mulai dari seluruh Muspika Kecamatan Nisam, para pendamping provesional Kecamatan Nisam, TA P3MD Aceh Utara.

Kesuksesan yang diperoleh Gampong Meunasah Rayek juga dimotivasi oleh hasil kerja sama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Aceh (LPMA) dengan memberikan bantuan bibit padi IF8 dari Bogor yang menghasilkan panen 11.9 ton/Ha pada musim tanam pertama 2017.

"Berawal dari itulah Gampong Meunasah Rayek Nisam menetapkan bibit padi IF8 sebagai produk unggulan gampong yang merupakan salah satu perioritas penggunaan dana desa 2017/2018 di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa/BUMDes Makmu Sejahta," kata Munirwan, yang juga alumni dayah Samalanga Kabupaten Bireuen.

Atas keberanian Geuchik Meunasah Rayek menganggarkan Dana Desa untuk Modal BUMDes bukan semata-mata kepada pembangunan fisik saja inilah yang menghantarkan Gampong Meunasah Rayeuk terbaik tingkat provinsi Aceh 2018 Karna BUMDes Makmu Sejahta membiayai petani sawah.

"Pembiayaan itu mulai dari penggarapan, bibit unggul IF8, memberikan obat-obatan pengendalian hama dengan cara utang yang dibayar oleh petani saat panen. Harga barang yang disediakan BUMDes Makmu Sejahta jauh lebih murah dari harga cash yang dibeli di kios-kios pupuk yang ada di Nisam," Munirwan. 

Kata Munirwan, walau pihak BUMDes memberinya secara utang yang dibayar petani saat musim panen, pemberdayaan ekonomi petani ini merupakan salah satu cara yang di lakukan BUMDes untuk terhindarnya para petani dari tengkulak-tangkulak yang sudah menyatu dengan para petani selama ini.

"Dana desa yang diberikan Bapak Jokowi selaku presiden Republik ini menghantarkan semangat kehadiran BUMDes  dalam mengelola ekonomi desa. Salah satu program perioritas presiden Bapak Jokowi tentang swasembada pangan hasilnya menyantuh langsung dirasakan masyarakat Gampong Meunasah Rayek dan sangat terbantu serta jelas pemanfaatan yang dirasakan sejak adanya dana desa," kata Geuchik (Kepala Desa) Meunasah Rayek, Munirwan.

Munirwan mengatakan, pihaknya mendirikan BUMDes untuk pemberdayakan masyarakat gampong sehingga keberhasilan telah kami dapatkan pada perlombaan kegiatan gampong yang diadakan Pemerintah Aceh sehingga Meunasah Rayek mendapatkan keberhasilan nomor 1 dari jumlah 6000 lebih kurang desa di Aceh. 

"Kami kepala desa berterima kasih kepada bapak Presiden Jokowi dan bapak Kemendes Eko Prutro Sanjojo dengan Progra Desa Membangun Indonesia. Keberhasilan yang kami dapatkan tahun ini semoga menjadi motivasi terhadap Gampong lain di Nisam khususnya dan Aceh umumnya," kata Munirwan.[](Rel)

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.