26 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Harga Cabai di Pasar Banda Aceh dan Aceh Besar Pekan Ini Menurun

...

  • Jamaluddin
  • 01 October 2018 16:02 WIB

Arman saat melayani pembeli cabe di Pasar Induk Lambaro, Senin, 1 September 2018 @Jamaluddin/portalsatu.com
Arman saat melayani pembeli cabe di Pasar Induk Lambaro, Senin, 1 September 2018 @Jamaluddin/portalsatu.com

BANDA ACEH - Harga cabai merah di seputaran Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dalam minggu ini mengalami penurunan. "Dalam minggu ini harga cabe merah menurun karena dipengaruhi oleh musim hujan," kata pedagang cabe merah Lambaro, Arman, Senin, 1 Oktober 2018.

Di Pasar induk Lambaro, Arman menjual cabe merah seharga Rp:26 dan 28 ribu perkilo, dan perbedaan harga itu disebabkan oleh jenis kualitasnya yang berbeda, dan komoditas lainnya, seperti bawang merah ia menjualnya Rp18 ribu, bawang putih 20 ribu, cabe rawit 42 ribu
Cabe hijau 22 ribu perkilo.

Sementara di pasar Peunayong pagi itu harga cabe merah berkisar diantara Rp30-35 ribu perkilo, bawang merah Rp20 ribu, dan Bawang putih Rp20 ribu.

"Kualitas cabe dipengaruhi oleh tempatnya dimana ia ditanam, jika berasal dari dataran tinggi (gunung), cabe mudah patah patah dan tidak bisa disimpan lama, harganya juga lebih murah karena disebabkan tidak dapat disimpan lama," kata Dedek pedagang sayur-mayur dan  kelontong di pasar Peunayong.

Dalam sehari di pasar Peunayong Dedek berhasil menjual sekitar 30 kg cabai merah. Dan hari itu ia ia menjual cabai merah pasokan dari Blang Kejren.

Dedek juga mengatakan hal yang sama dengan Arman, yang bahwa harga cabai menurun disebabkan curah hujan meningkat. Dan bila persediaan berkurang maka harga juga akan berubah.

Demikian juga halnya harga cabai merah di Simpang Tujoh Ulee Kareng, berdasarkan hasil survey portalsatu.com hari ini di sana dijual sekitar Rp35 ribu perkilogram sama dengan di pasar Lambaro dan Peunayong.

"Pasokan cabai merah yang beredar di Aceh besar dan Kota Banda Aceh umumnya berasal dari Laweung, Kuta Fajar, Lamno, dan Blang Kejren," kata Arman pedagang cabai merah, dan sayur-mayur di Pasar Induk Lambaro. []

Editor: Arman

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.