19 October 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Di Pidie
Harga Cabai Rp35 Ribu, Tomat Anjok Jadi Rp1000

...

  • PORTALSATU
  • 07 October 2019 20:15 WIB

Muhammad, agen sayuran di Pasar Grong-grong. Foto: istimewa
Muhammad, agen sayuran di Pasar Grong-grong. Foto: istimewa

SIGLI – Harga cabai merah kembali merangkak naik dengan harga eceran Rp35 ribu per kilogram, setelah sempat turun hingga Rp25 ribu pekan lalu di Pidie. Sedangkan harga tomat kini anjlok menjadi Rp1000 per kg.  Kondisi tersebut membuat petani tomat merugi.

Dek Yus,  salah seorang petani tomat di Meunasah Gampong,  Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Senin, 7 Oktober 2019, mengatakan,  saat ini dirinya sedang panen tomat. Namun, harganya sangat murah, bahkan minim peminat saat dibawa ke pasar. Sehingga dia terpaksa menjual dengan harga murah daripada harus mengangkut kembali tomat ke rumahnya.

"Sangat murah, bang!  Hanya Rp1.000 - Rp1.500 ditawar. Padahal, tomat kami sangat besar-besar karena baru panen," ucap Dek Yus.  “Jangankan untuk laba, jika harga segitu modal saja tidak kembali”.

Pantauan portalsatu.com, Senin, 7 Oktober 2019, di pasar tradisional Kecamatan Grong-grong, Kabupaten Pidie, harga pada agen penampung, cabai merah Rp32 ribu per kg. Harga itu naik Rp4 ribu jika dibandingkan pekan sebelumnya ditampung Rp28 ribu per kg.


"Kalau untuk enceran kita jual Rp35 ribu per kilogramnya. Kalau kita beli dari petani Rp32 ribu per kilogram," ujar Muhammad, salah seorang pedagang sayur grosir, saat ditemui di tokonya.

Begitu juga harga bawang. Menurut Muhammad, bawang super dan kering, dia menampung Rp15 ribu hingga Rp16 ribu per kg.  Sedang harga eceran dia jual Rp18 ribu hingga Rp20 ribu per kilogram.


"Tomat yang sangat anjlok, karena hampir di semua daerah panen menyebabkan banjir tomat.  Harganya Rp1.000 hingga 2.000 per kilogram, " tutur Muhammad yang mengaku mengirim barang ke Banda Aceh,  Meulaboh, Bireuen, Aceh Utara dan Medan.[]

Penulis: Zamah Sari

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.