21 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Harga Durian Sidikalang ''Melayang'' di Aceh Utara

...

  • ZULKIFLI ANWAR
  • 17 July 2016 20:48 WIB

@Zulkifli Anwar
@Zulkifli Anwar

LHOKSUKON - Bagi Anda penikmat durian maka siap-siap merogoh kocek lebih dalam jika ingin makan buah beraroma khas ini. Pasalnya, harga durian yang dijual di Kota Pantonlabu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara mencapai Rp 90 ribu per buahnya. Hal itu terjadi karena durian tersebut dipasok dari Sidikalang, Sumatera Utara.

"Harga durian ini terbilang cukup tinggi karena dipasok dari Medan, mengingat di Aceh belum musimnya. Meski harganya mahal, setiap harinya sekitar 800 buah durian habis terjual," kata Ahmad, 50 tahun, salah satu pedagang durian Sidikalang yang menggelar lapak di Kota Pantonlabu, Minggu, 17 Juli 2016.

Ia menyebutkan, harga durian yang dijualnya  bervariasi. Ukuran besar Rp 90 ribu, sedang Rp 60 ribu dan kecil Rp 40 ribu per  buahnya. Sedangkan untuk satu paket (empat durian) dijual Rp 300 ribu.

"Durian ini dipasok saban hari dari Medan dengan mobil L-300. Biasanya sore hari langsung ludes. Penikmat durian itu kan ramai, sementara saat ini di Aceh terbilang langka karena belum musim. Harga mahal tak jadi masalah bagi pembeli," ujarnya.

Ditambahkan Ahmad, dirinya sudah lama menjadi pedagang durian. Hanya saja biasanya harga durian Medan dijual Rp 30 ribu per buah karena ukurannya yang kecil. Namun kali ini ukurannya ada yang besar, makanya mencapai Rp 90 ribu per buah.

"Biasanya di Aceh baru banjir durian memasuki Desember, karena itu sudah musimnya. Jika sudah musim durian lokal, maka harga pun turun," katanya. [](bna)

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.