06 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Harga Jahe Merah di Pasar Meulaboh Capai Rp100 Ribu/Kg

...

  • portalsatu.com
  • 07 April 2020 13:20 WIB

Mursalin, seorang pedagang rempah di Pasar Meulaboh, Aceh Barat. Foto Azhar Portalsatu
Mursalin, seorang pedagang rempah di Pasar Meulaboh, Aceh Barat. Foto Azhar Portalsatu

MEULABOH - Harga jahe merah di Pasar Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat naik hingga 300 persen selama Covid-19 mewabah di seluruh dunia. Dari sebelumnya hanya Rp25 ribu/kg, kini menjadi Rp100 ribu/kg.

Mursalin, salah seorang pedagang rempah di Pasar Meulaboh, Selasa, 7 April 2020, mengatakan setiap hari permintaan jahe merah dari masyarakat atau pembeli cukup tinggi. Sehingga berakibat naiknya harga karena sulitnya mendapatkan barang tersebut. 

Menurut Mursalin, selama wabah ini harga jahe merah pada tingkat pengecer di Pasar Meulaboh terus mengalami peningkatan. Dari Rp25 ribu/kg naik menjadi Rp40 ribu, Rp60 ribu, Rp80 ribu dan dalam pekan ini mencapai Rp100 ribu/kg. 

“Naik terus harganya kalau jahe merah sekarang, setiap hari ada saja yang mencarinya, kalau dulu Rp25 ribu, sekarang Rp100 ribu, itu pun sulit kita peroleh barangnya," kata Mursalin. 

Jahe merah merupakan jenis tanaman rimpang yang diyakini memiliki efek untuk menghangatkan tubuh sehingga dipercaya mampu meningkatkan imun tubuh. Tanaman  ini pertama kali ditemukan di wilayah Asia Tenggara, namun kini mulai ditanam di beberapa benua lainnya.[](Azhar)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.