19 January 2021

Kabar Aceh Untuk Dunia


Harga TBS Kembali Naik, Rp1.830/Kg, Begini Penjelasan Apkasindo Subulusalam

...

  • SUDIRMAN
  • 10 November 2020 20:30 WIB

Ketua Apsakindo Kota Subulussalam Subangun. Foto: dok. portalsatu.com
Ketua Apsakindo Kota Subulussalam Subangun. Foto: dok. portalsatu.com

SUBULUSSALAM - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di wilayah Kota Subulussalam dan sekitarnya terus bergerak naik mencapai Rp1.830 per kilogram di tingkat Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS).

Kenaikan harga TBS ini menyusul minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) cenderung naik sejak Oktober hingga November saat ini mencapai level tertinggi Rp9.828 per kilogram.

Ketua Apkasindo Kota Subulussalam, Subangun Berutu kepada portalsatu.com, Selasa, 10 November 2020 mengatakan kondisi ini memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat di Kota Subulussalam yang mayoritas memiliki kebun kelapa sawit. 

Kenaikan harga tanaman komoditas unggulan masyarakat Bumi Syekh Hamzah Fansuri ini diharapkan bertahan lama, bahkan terus mengalami kenaikan mencapai harga Rp2.000 per kilogram. Pergerakan harga TBS ini memberikan angin segar bagi petani sawit yang sedang kesulitan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19.

"Harga TBS terus bergerak naik, kondisi ini sangat membantu petani untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di tengah Pandemi Covid-19," kata Subangun Berutu.

Subangun memaparkan kondisi harga TBS di sejumlah PMKS yakni PT. GSS Rp1.830 per kilogram, merupakan harga tertinggi di antara PMKS lainnya yang ada di Kota Subulussalam.

Berikutnya PT. BSL Rp1.795 per kilogram, lalu PT. SSN Rp1.710 per kilogram dan PT. BDS Rp1.730 per kilogram. Dengan meningkatnya pergerakan harga TBS di tingkat pabrik, maka harga TBS di tingkat petani berkisar antara Rp 1.550 hingga Rp1.600 per kilogram.

Menurutnya, kenaikan harga TBS saat ini berbanding terbalik dengan produksi TBS yang sedang mengalami trek (turun). Jika dalam kondisi normal produksi TBS di wilayah Kota Subulussalam mencapai 1.500 ton per hari, sedangkan dalam kondisi trek hanya berkisar antara 800-900 ton per hari.

Subangun menambahkan, harga TBS diperkirakan stabil hingga akhir tahun menyusul akan dilakukan ujicoba B50 Bio Diesel 50% pada bulan Januari 2021 untuk meningkatkan penyerapan CPO dalam negeri.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2021 All Rights Reserved.