16 August 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ikan Bakar di Lapak Kupie, Kedai Agro Wisata Tempat Santai Keluarga

...

  • THAYEB LOH ANGEN
  • 08 June 2018 21:30 WIB

Kedai Lapak Kupie dengan konsep agro wisata di Jl. Tengku Abdussalam, Lambung, Meuraxa, Kota Banda Aceh. @PORTALSATU.COM/THAYEB LOH ANGEN
Kedai Lapak Kupie dengan konsep agro wisata di Jl. Tengku Abdussalam, Lambung, Meuraxa, Kota Banda Aceh. @PORTALSATU.COM/THAYEB LOH ANGEN

LAPAK Kupie terlihat gemerlap dengan cahaya lampu buatan aneka warna, kelap kelip di pagar beton yang membatasinya dengan jalan lintas gampong dalam kota di hadapannya, senja itu. Ini jelang buka puasa di sana.

Cahaya lampu buatan aneka warna pun memantul di air kolam yang luas, di sebelah selatan ruang utama. Orang-orang datang menuju meja masing-masing. Ada yang duduk di ruang utama, di ruang depan, di halaman, maupun di balai-balai yang terapung di atas air.

Beberapa tempat romantis untuk berduaan di tempat terbuka di tepi kolam, belum ada yang isi. Kolam ikan itu hiasan semata, dilarang memancing. Ikan-ikan itu hanya untuk dilihat-lihat. Kalau suka, boleh melemparkan umpan pada mereka, dan ikan-ikan akan berebutan umpan di air, menjadi pemandangan indah di sana.

Setelah puasa, di malam-malam tertentu, balai-balai di atas air itu akan dijadikan panggung kreasi anak muda. Kalau di sana panggungnya, para pengunjung di semua arah dapat menontonnya.

Waktu berbuka puasa hampir tiba. Makanan dan minuman aneka rupa telah dihidangkan di kedai yang halamannya dihiasi aneka pohon dan kolam ikan dan baru berusia setahun ini.

Sejak masuk Ramadan 1439 H, Lapak Kupie mulai menyediakan ikan bakar. Pemilik kedai ini, Zulfan Fedian, ST. meminta kepada kerabatnya yang memiliki usaha 'Enjoy Ikan Bakar' di Lhoknga, untuk membuka cabang usaha di sini. Cabang Enjoy Ikan Bakar akan diteruskan setelah Ramadan di Lapak Kupie.

Makanan andalan sekarang ada ikan bakar atau seafood. Harga ikan bakar di Lapak Kupie terhitung standar, berkisar sekkira Rp85 ribu satu ikan sedang, termasuk nasi. Bisa lebih murah, tergantung harga ikan di pasar. Kalau harga ikan di pasar lagi murah, maka ada diskon.

Waktu berbuka puasa pun tiba senja itu. Kami mencoba ikan bakarnya. Enak. Bumbunya sesuai, dan ikan pun dibakar cukup matang. Tidak berbau amis walaupun saat disajikan sudah dingin. Tentu saja dingin, hari itu ada satu rombongan besar berbuka puasa di Lapak Kupie. Mereka memesan ikan bakar sehingga harus dibakar lebih awal. 

Selain ikan bakar, Lapak Kupie menyediakan ayam tangkap dan ayam lepas, ayam goreng khas Aceh Besar. Bahkan sate serta daging itik (bebek) bakar pun akan disediakan setelah puasa, akan dibakar di panggangan ikan bakar, yang ditaruh pas di dekat gerbang masuk, sehingga aroma ikan dan itik bakar itu akan mengepul sampai ke jalan lintas gampong dalam kota di depannya.

Di halaman kedai dengan konsep agro wisata ini ditanami pohon apel, durian, klengkeng, mangga, naga, dan jambu. Pohon apel yang merupakan bukan tanaman tropis, berbuah hanya sebesar jeruk nipis. 

"Lapak Kupie berdiri di atas tanah seluas sekira 1000 meter. Kami menyediakan tempat mainan anak-anak seperti ayunan. Setelah Ramadan akan ditambah jenis mainan lain untuk kenyamanan keluarga yang santai ke sini seraya membawa anak-anak mereka," kata pemiliknya, Zulfan Fedian, ST, Kamis, 7 Juni 2018.

Lapak Kupie memiliki konsep komunitas kopi, ada robusta, ada arabica, yang diracik sendiri di gudang seberang jalan di depannya. Selain itu, disediakan pula minuman sachet dan jus. Lapak Kupie juga menyediakan makanan biasa semisal mie Aceh dan kue basah seperti kedai kopi lainnya.

"Lapak Kupie menyediakan tempat pertemuan, tanpa disewa dengan keadaan tertentu. Kalaupun disewakan, itu dengan harga murah. Ada musalla yang terpisah antara lelaki dan perempuan. Kedai ini juga memiliki lantai dua. Seluruh kursi dan tempat duduknya dapat menampung sekira 200-400-an orang. Untuk sementara, kami mempromosikan kedai ini melalui teman ke teman. Ada juga kami buka akun facebook, WhatAps, dan instagram," kata Zulfan.

Apabila ingin mencoba menu Lapak Kupie, silakan ke alamatnya di Jl. Teungku Abdussalam, Lambung, Meuraxa, Kota Banda Aceh. >>Klik Peta[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.