08 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Aceh Utara
Ini Kata DPMP2KB dan BPKK Soal Penyaluran Dana Desa Tahap II

...

  • Fazil
  • 07 July 2019 13:30 WIB

Ilustrasi. Foto: istimewa/net
Ilustrasi. Foto: istimewa/net

LHOKSUKON - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara meminta para geuchik segera mengajukan permohonan penyaluran Dana Desa (DD) tahap II dan Alokasi Dana Desa (ADD) triwulan II tahun anggaran 2019 dengan melengkapi dokumen sesuai ketentuan berlaku. 

Permintaan itu disampaikan Sekda Aceh Utara, Abdul Aziz, atas nama bupati dalam surat ditujukan kepada para camat. Surat Nomor: 412.25/1022 tanggal 24 Juni 2019 itu perihal penyaluran DD tahap II dan ADD triwulan II. Surat tersebut turut diperoleh portalsatu.com dari salah satu sumber, belum lama ini.

Dalam surat itu, Sekda menyebutkan, DD tahap II akan ditransfer dari Rekening Kas Umum Negara ke Rekening Kas Umum Daerah Kabupaten Aceh Utara pada 27 Juni 2019. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2016 menyatakan bahwa Penyaluran Dana Desa dari Rekening Kas Umum Daerah ke Rekening Kas Desa dilakukan paling lambat tujuh hari kerja setelah Dana Desa diterima di Rekening Kas Umum Daerah.

Oleh karena itu, Pemkab Aceh Utara meminta para camat agar menyampaikan kepada para geuchik segera mengajukan permohonan penyaluran DD tahap II dan ADD triwulan II dengan melengkapi dokumen: a. Laporan Realisasi Pelaksanaan APBGampong berupa laporan semester akhir tahun sebelumnya; b. Laporan Realisasi Penyerapan dan Capaian Output Dana Gampong Tahun Anggaran sebelumnya; c. Bukti Surat Setoran Pajak Pusat dan Daerah untuk kegiatan yang telah direalisasikan pada tahap I; d. Laporan Realisasi Alokasi Dana Gampong (ADG) triwulan I; e. Bukti setoran iuran BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2019.

"Saudara (Camat, red) juga diharapkan memberitahukan kepada para Geuchik dalam wilayah Kecamatan saudara agar: Memasang baliho tentang APBGampong Tahun 2019 di masing-masing Gampong, dan Melaporkan data aktif aparatur gampong tahun 2019 ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan," bunyi poin 3 dalam surat yang tembusannya kepada Inspektur Aceh Utara dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten itu.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMP2KB) Aceh Utara, Mawardi, dikonfirmasi portalsatu.com, via WhatsApp, Sabtu, 6 Juli 2019, mengatakan, sejauh ini belum ada geuchik yang mengajukan permohonan penyaluran DD tahap II dan ADD triwulan II. Mawardi kemudian meminta dikonfirmasi lebih lanjut kepada Kepala Bidang Pembinaan Keuangan, Usaha Ekonomi dan Aset Gampong DPMP2KB Aceh Utara, Laila Hanum. 

Dihubungi via telepon seluler, Sabtu (kemarin), Laila Hanum menyebutkan, sepengetahuan dirinya beberapa hari lalu belum ada pengajuan permohonan penyaluran DD tahap II. "Nantilah Senin (8 Juli 2019) dicek kembali, karena saat ini saya sedang berada di Banda Aceh ada kegiatan, tetapi kita sudah menyurati untuk dapat dilakukan pengajuan tahap II," ujarnya.

Ditanya realisasi DD tahap I tahun 2019, Laila mengatakan, pencairannya ditangani pihak Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten (BPKK). DPMP2KB cuma mengajukan berkas dokumen seusai ketentuan berlaku kepada BPKK. "Dan apakah sudah masuk semua gampong di Aceh Utara atau seperti apa. Tapi masih ada 15 gampong lagi yang belum kita ajukan ke keuangan, namun tidak hafal secara jelas gampong dan di kecamatan mana saja," kata Laila.

Kepala BPKK Aceh Utara, Salwa, dikonfirmasi via pesan WA soal penyaluran DD tahap II dan ADD triwulan II 2019, hanya menjawab singkat, "Belum masuk usulan di keuangan, mungkin masih diproses di DPMPPKB".[]Cut Islamanda

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.