28 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Kepala BPMA Terkait Blok B di Aceh Utara

...

  • Fakhrurrazi
  • 20 July 2020 20:00 WIB

Kepala BPMA Aceh, Teuku Mohammad Faisal. Foto: Fakhrurrazi/portalsatu.com
Kepala BPMA Aceh, Teuku Mohammad Faisal. Foto: Fakhrurrazi/portalsatu.com

BANDA ACEH - Kepala Badan Pengelola Minyak dan Gas Bumi Aceh (BPMA), Teuku Mohammad Faisal, mengatakan Menteri ESDM mempersilakan BPMA memberikan izin kepada PT PEMA untuk membuat kajian jika berminat terhadap Blok B di Aceh Utara.

“Sekarang diberikan kesempatan oleh Menteri ESDM kepada BUMD atau BUMA (Badan Usaha Milik Aceh), jika berminat silakan mengajukan proposal,” kata TM. Faisal di Banda Aceh, Senin, 20 Juli 2020.

Oleh karena itu, kataTM. Faisal, sampai saat ini pihaknya tidak memberi izin kepada perusahaan lain untuk mengajukan permohonan pengelolaan Blok B tersebut. “Sebab secara aturan, Blok B ini sebenarnya merujuk kepada peraturan yang sudah terminasi,” ucap dia.

Menurut dia, sekarang tahapannya adalah PT Pembangunan Aceh (PEMA) diberikan izin untuk melihat data wilayah kerja Blok B itu. “Seperti kandungannya apa, target-target ke depan yang bisa mereka lakukan, pemanfaatannya untuk apa, kemudian jual belinya seperti apa, itu akan terbuka semua nanti," ujar TM. Faisal.

TM. Faisal menambahkan, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) saat ini memberikan kesempatan kepada PT PEMA melihat data Blok B itu. “Kemudian PEMA akan mengevaluasi data-data tersebut. Jika nanti menurut PEMA itu menarik dan layak untuk dikomersialkan maka akan dilanjutkan”.

"Kita sudah kasih waktu, misalnya dua minggu lagi PEMA harus menyiapkan proposal, nanti disampaikan kepada BPMA, kemudian dipelajari oleh BPMA. Kalau memang bagus proposal dari PEMA akan kita berikan rekomendasi kepada Pak Gubernur Aceh. Selanjutnya Gubernur bakal memberikan rekomendasi kepada Pak Menteri ESDM, setelah itu tunggu keputusan Pak Menteri," pungkas TM. Faisal.

Sementara itu Direktur Utama PT PEMA, Zubir Sahim, mengaku siap bila nantinya pihaknya diamanahkan menjadi pengelola Blok B di Aceh Utara. Untuk itu, lanjut Zubir, senergitas seluruh stake holder terkait sangat perlu agar semua yang diharapkan dapat tercapai untuk kemakmuran rakyat Aceh.

"Saya tidak mengatakan saya siap, tapi kita semua siap, karena hasil tes dari BPMA bahwa timming yang diberikan kepada kita itu lebih cepat dari deadline yang ditentukan. Harapan kita sebelum tanggal 17 September 2020 kita sudah selesai," ucap Zubir Sahim.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.