31 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Menteri ESDM Usai Lantik TM. Faisal Sebagai Kepala BPMA

...

  • PORTALSATU
  • 25 November 2019 18:00 WIB

Teuku Mohamad Faisal, Kepala Badan Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA). Foto: KATADATA/RATNA ISKANA
Teuku Mohamad Faisal, Kepala Badan Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA). Foto: KATADATA/RATNA ISKANA

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, berharap Teuku Mohamad Faisal sebagai Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) yang baru, dapat mengelola potensi migas di Aceh dengan maksimal.

Arifin yakin ada sumber-sumber migas di Aceh yang perlu dieksplorasi. "Ke depannya kami akan lakukan kegiatan eksplroasi untuk bisa medeteksi sumber-sumber baru sehingga wilayah kerja Aceh tetap untuk jangka panjang," ujar Arifin usai melantik Kepala BPMA, di Kementerian ESDM, Senin, 25 November 2019.

Sebelum dilantik sebagai Kepala BPMA, TM. Faisal menjabat sebagai Deputi Operasi BPMA. Faisal bersaing dengan dua kandidat lain untuk memperebutkan jabatan Kepala BPMA, yaitu Muhammad Najib yang menjabat sebagai Deputi Dukungan Bisnis, dan Irwan Thaib, Senior Manager Business Service Mubadala Petroleum Indonesia.

Setelah dilantik sebagai Kepala BPMA, Faisal mengaku bakal fokus terhadap wilayah kerja (WK) eksplorasi agar bisa segera berproduksi. Pasalnya, banyak WK eksplorasi di Aceh yang perlu waktu lama untuk sampai tahapan eksploitasi.

Masalah pengadaan dan perizinan menjadi faktor penghambat pengembangan WK migas di Aceh. Akibatnya, kontraktor tidak bisa menyelesaikan kegiatan eksplorasi tepat waktu.

Oleh karena itu, Faisal berharap Menteri ESDM dapat membantu BPMA dan Pemerintah Aceh untuk menyelesaikan masalah perizinan. Dengan begitu, WK eksplorasi bisa segera berproduksi.

Saat ini terdapat tiga WK migas di Aceh yang sudah berproduksi, yaitu Blok B yang dioperasikan Pertamina Hulu Energi NSB, Blok Malaka yang dioperasikan Medco E&P, dan Blok Pase yang dikelola Triangle Energy Pase Inc. Selain itu, ada tiga WK eksplorasi di Aceh yakni Blok Andaman III dikelola Repsol, Blok Lhokseumawe dikelola Zaratex, dan Blok South Blok A dikelola Renco Elang Energy.[]Sumber: 
katadata.co.id

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.