20 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Jelang Lebaran, Penjualan Emas di Lhokseumawe 'Sepi'

...

  • Fazil
  • 24 May 2019 14:00 WIB

Ilustrasi. Foto: istimewa/net
Ilustrasi. Foto: istimewa/net

LHOKSEUMAWE - Penjualan dan pembelian emas perhiasan di Lhokseumawe menjelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah dilaporkan masih "sepi".

"Untuk tahun ini penjualan emas merosot atau sepi. Biasanya ketika menjelang lebaran seperti ini ramai yang menjual emasnya untuk keperluan lebaran, kalau sekarang sampai saat ini satupun belum ada. Begitu juga dengan daya beli masyarakat selama ini memang agak sepi, mungkin dipengaruhi faktor ekonomi," kata Erwin, salah seorang pengusaha toko mas di Lhokseumawe, kepada portalsatu.com, Jumat, 24 Mei 2019.

Erwin menyebutkan, "Bisa jadi dipengaruhi adanya kredit-kredit barang itu maka sedikit merosot ekonomi masyarakat. Jadi ketika orang itu mendapat gajian 

sehingga harus menutupi kredit tersebut. Barangkali itu juga menjadi salah satu penyebab sepinya pembeli emas dan itu hal biasa terjadi". 

"Daya belinya memang selama ini menurun drastis maupun sebaliknya yaitu bagi yang menjual barang perhiasan emas tersebut. Kalau tahun sebelumnya tokonya sampai penuh pembeli dan begitu pula penjual emas terlebih saat menjelang lebaran seperti ini," ujar Erwin.

Harga emas perhiasan, lanjut Erwin, jenis emas london saat ini mencapai Rp1.650.000 per mayam. "Sebenarnya jika dikatakan harga pasaran itu tepatnya Rp1.720.000 per mayam dan sudah termasuk biaya untuk pembuatan, sedangkan harga emas murni senilai Rp1.800.000 per mayam," katanya.

"Kemungkinan kalau dolar melonjak maka harga emas pun akan mengalami kenaikan," ungkap Erwin.

Hal senada juga dikatakan pengusaha toko mas lainnya, M. Ikbal, bahwa jumlah warga yang menjual perhiasan emas jelang lebaran kali ini memang berkurang dibandingkan sebelumnya. "Tetapi ada juga sebagian masyarakat yang menjualnya mungkin untuk kebutuhan lebaran, namun tidak terlalu meningkat signifikan. Sebaliknya, pembeli pun berkurang dalam beberapa bulan terakhir ini".

"Emas london dijual dengan harga Rp1.665.000 per mayam. Harganya itu hanya beda persennya saja dari pedagang, kalau harga pasarannya tetap sama," ujar Ikbal.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.