13 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kampong Barat Salurkan BLT Tahap Pertama, Ini Jumlah Penerima

...

  • ZAMAH SARI
  • 04 June 2020 23:50 WIB

Foto: Zamah Sari/portalsatu.com
Foto: Zamah Sari/portalsatu.com

SIGLI - Sebanyak 82 Kepala Keluarga (KK) warga Gampong Kampong Barat, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Gampong (BLT-DG) tahap pertama bulan April Rp600 ribu per KK, Kamis, 4 Juni 2020.

Pembagian dilaksanakan Tim Covid-19 Gampong Kampong Barat dipimpin Keuchik Hamdani selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat gampong di Kantor Keuchik tersebut. 

Penyaluran BLT bagi warga terdampak Covid-19 juga disaksikan perwakilan Muspika Kecamatan Pidie. Proses penyaluran berjalan lancar.

Keuchik Kampong Barat, Hamdani, kepada portalsatu.com mengatakan, berdasarkan hasil verifikasi data yang dilakukan tim Covid-19 gampong, ada 82 KK dari total jumlah KK di gampong yang dipimpinnya sebanyak 173 KK.  

Selain BLT DG, sebanyak 6 KK sudah mendapatkan jatah dari Bantuan Sosial Tunai (BST) dan 49 KK pemegang kartu Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT). 

"BLT DG kita salurkan kepada KK yang layak menerima dan tidak terdata sebagai penerima PKH maupun BST," kata Hamdani didampingi Sekretaris Desa (Sekdes).



Jika dijumlahkan semua penerima bantuan baik BST, PKH, BPNT dan BLT DG, ada 137 KK sebagai penerima. Hanya 36 KK yang tidak termasuk penerima bantuan. Mereka itu merupakan pengusaha dan pagawai negeri. 

Adapun BLT, lanjut Hamdani, akan disalurkan selama 6 bulan, sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK), yakni untuk April, Mei dan Juni, perbulan Rp 600 ribu.  Sedangkan Juli, Agustus,  September, masing - masing Rp 300 ribu per bulannya. 

Secara terpisah Camat Pidie,  Miswar, S.Sos, MM, mengatakan,  dari 64 gampong di Kecamatan Pidie, baru 11 gampong yang telah menyalurkan BLT-DG. Sementara 53 gampong lainnya masih dalam tahap proses pencairan.

"Sejauh ini sudah 11 gampong yang telah menyalurkan BLT-DG tahap pertama. Sisanya masih dalam proses pencairan termasuk pengajuan APBG," ujar Miswar. 

Berikut data 11 gampong yang sudah menyalurkan BLT-DG tahap pertama di Kecamatan Pidie: Gampong Lampedeu Tunong (96 KK), Gampong Jeuleupe (14 KK), Gampong Dayah Tanoh (37 KK), Gampong Abo Teubeng (46 KK), Gampong Bie (66 KK), Gampong Dalueng (47 KK), Gampong Jeumpa (83 KK), Gampong Kampong Pukat (51 KK), Gampong Mancang (38 KK),  Gampong Baroh (75 KK), Gampong Kampong Barat (82 KK).[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.