26 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


KPPU Awasi Harga TBS di Subulussalam

...

  • SUDIRMAN
  • 09 August 2019 14:30 WIB

Pertemuan KPPU dengan Pemerintah Kota Subulussalam dan petani sawit membahas harga TBS. Foto Sudirman/portalsatu
Pertemuan KPPU dengan Pemerintah Kota Subulussalam dan petani sawit membahas harga TBS. Foto Sudirman/portalsatu

SUBULUSSALAM - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) kantor wilayah I meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, turun ke Kota Subulussalam untuk mengawasi harga tandan buah segar (TBS) kepala sawit yang saat ini masih murah

Tiba di Bumi Sada Kata ini, Ketua KPPU wilayah I, Ramli Simanjuntak, menggelar pertemuan dengan jajaran Pemerintah Kota Subulussalam, Apkasindo dan kelompok tani, di ruang rapat Setda Subulussalam, Jumat, 9 Agustus 2019.

Pertemuan itu untuk menerima masukan dan keluhan para petani sawit, sebagai bahan bagi KPPU wilayah I untuk mendorong peningkatan harga TBS di wilayah Kota Subulussalam.

Hadir dalam pertemuan itu Asisten II Setda Subulussalam Lidin Padang, Kepala Disperindagkop dan UKM Asmial, Kabag Ekonomi Setda Rano Saraan dan Ketua Apkasindo Subangun Berutu serta beberapa  kelompok tani sawit. 

Ketua Apkasindo Kota Subulussalam, Subangun Berutu mengatakan pihaknya bekerja sama dengan KPPU wilayah I untuk mengatasi persoalan yang dihadapi petani saat ini yaitu harga TBS tak kunjung membaik, masih tergolong murah untuk situasi sekarang ini.

Dia menyebutkan, saat ini harga TBS di tingkat petani masih berkisar antara Rp800-850 per kilogram. Sementara di tingkat pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) bervariasi seperti di PT BSL harga TBS Rp990 per kilogram, PT BDA Rp970 dan GSS seharga Rp1.025 per kilogram. 

"Mudah-mudah dengan adanya kerja sama dengan KPPU secara perlahan harga TBS bisa segera naik," kata Subangun Berutu kepada portalsatu.com diamini Kabag Ekonomi Rano Saraan.

"Di kita selama ini hanya bersifat imbauan saja, kalau mereka KPPU lembaga komisi pengawasan bisa memperkarakan pihak perusahaan," ungkap Subangun Berutu.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.