20 June 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Lahan Tidur Milik Orang Kaya Kampung Ini Jadi Sarang Babi

...

  • SIRAJUL MUNIR
  • 10 March 2018 09:00 WIB

LHOKSEUMAWE - Sekitar 150  hektar lahan  di Gampong Paloh Awe, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara jadi tempat bersarang dan berkembang biak hama babi. Akibatnya banyak tanaman warga yang kerap dirusak binatang liar itu.

“Lahan tidur itu milik orang kaya, kebanyakan milik pensiunan Exxon dan PT Arun. Setelah dibeli dibiarkan jadi semak belukar, hasilnya jadi sarang babi, yang rugi warga di gampong saya, apalagi sekarang, warga tidak bisa bercocok tanam di kebun, karena dirusak babi,” kata Saifuddin, Geuchik Paloh Awe, Jumat 9 Maret 2018.

Lahan tidur tersebut tidak hanya di area Gampong Paloh Awe, ada juga yang masuk di Gampong Reulut Barat, Gampong Reulut Timu, Kecamatan Muara Baru dan Gampong Pulo Rungkom, Kecamatan Dewantara.

Warga sudah berupaya memburu babi, namun karena luasnya aera, kegiatan tersebut tidak berdampak menurunnya serangan hama tersebut. Bahkan kian hari, jumlah terus meningkat. Jadi kondisinya semakin meresahkan.

Pihaknya sangat berharap, lahan itu difungsikan oleh pemilik lahan, atau dijadikan area sawah baru seperti seperti lahan tidur di Gampong Pinto Makmur dan Paloh Raya, Kecamatan Muara Batu kini sudah dimamfaatkan sebagai perkebunan palawija.

“Harapan kami, lahan tidur itu harus bersihkan, atau dicetak sawah baru. Kalaupun tidak ada air bisa digarap jadi  kebun palawija. Pemilik lahan tidur sudah mengizinkan bila pemerintah Aceh Utara membuat area itu jadi persawahan, bahkan bisa membantu warga,” pungkas Saifuddin.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.