18 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mantap! CPO Naik, Harga TBS Petani Ikut Naik

...

  • SUDIRMAN
  • 08 November 2019 16:00 WIB

Ketua Apkasindo Kota Subulussalam, Subangun Berutu. Foto Sudirman
Ketua Apkasindo Kota Subulussalam, Subangun Berutu. Foto Sudirman

SUBULUSSALAM - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kota Subulussalam terus bergerak naik beberapa kali dalam sepekan terakhir menyusul naiknya harga minyak mentah kelapa sawit (crude palm oil/CPO) di Belawan, Medan Sumatera Utara.

Harga jual CPO hari ini mengalami kenaikan Rp7.913 per kilogram dari sebelumnya Rp7.875 sejak dua hari terakhir. Pergerakan harga minyak mentah kelapa sawit ini memicu kenaikan harga TBS di tingkat pabrik, sehingga secara otomatis harga di tingkat petani ikut bergerak naik.

Ketua Apkasindo Kota Subulussalam versi munas Jakarta, Subangun Berutu kepada portalsatu.com, Jumat 8 November 2019 mengatakan harga TBS di sejumlah pabrik terus bergerak naik seiring adanya kenaikan harga jual CPO di Belawan.

"Harga TBS dalam beberapa hari ini beberapa kali naik terus, harga CPO juga naik," kata Subangun Berutu.

Subangun Berutu menjelaskan ada dua Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) mengalami kenaikan harga TBS per tanggal 8 November 2019 dari empat PMKS yang ada di wilayah Kota Subulussalam.

Pertama, PMKS PT Samudera Sawit Nabati (SSN) Rp1.290  per kilogram setelah mengalah kenaikan naik Rp40 dari sebelumnya Rp1.230 per kilogram pada 4 November lalu.

Kedua, PMKS PT Budi Daya Agrotamas (BDA) Rp 1.200 per kilogram atau naik Rp20 dari sebelumnya Rp1.180 per kilogram dua hari lalu.

Sementara harga di dua PMKS lainya masing-masing PMKS PT Bangun Sempurna Lestari (BSL) naik Rp20 pada 7 November kemarin menjadi Rp1.260 per kilogram sebelumnya Rp1.240.

Sedangkan harga tertinggi masih dipegang  PMKS PT Global Sawit Semesta (GSS) yakni Rp1.310 setelah naik Rp20 pada 6 November lalu.

"Kenaikan harga CPO di Belawan terus monitor, kita singkronkan dengan harga TBS di pabrik-pabrik di sini. Kalau CPO naik, otomatis TBS juga ikut naik dong," kata Subangun.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.