28 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Melihat Peluang Usaha dari Lingkungan Sekitar Kita

...

  • VIVA
  • 13 October 2020 19:15 WIB

@Shutterstock
@Shutterstock

Bisnis sukses yang kita temui seringkali membuat kita berpikir akan ide-ide spektakuler yang mungkin diciptakan oleh pemilik bisnis. Padahal, kebanyakan pelaku bisnis hanya pandai melihat peluang usaha melalui hal-hal kecil.

Contohnya Walt Disney yang mendapat inspirasi membuat Disneyland, setelah berlibur ke Tivoli Gardens. Karena kekagumannya dengan taman bermain Eropa tersebut, Disney berkeinginan untuk membuat taman yang sama di Amerika, bahkan lebih hebat.

Untuk itulah Anda harus meningkatkan kewaspadaan agar tidak melewatkan ide-ide bisnis di sekitar Anda. Berikut cara menemukan peluang bisnis dari kehidupan sehari-hari.

Melalui kehidupan sendiri

1.    Ide dari masalah yang dialami

Saat Anda berhasil menemukan solusi dari masalah yang dihadapi, mungkin juga hal itu bisa Anda jadikan ide bisnis. Contohnya jika Anda merasa kesulitan menemukan penjual sayur di lingkungan kos, Anda bisa menciptakan aplikasi pesan antar sayur segar untuk mahasiswa di lingkungan Anda.

2.    Ide dari keahlian

Banyak pelaku bisnis yang mengubah keahlian khusus menjadi peluang bisnis. Misalnya, jika Anda memiliki keahlian menulis, gunakan keahlian tersebut untuk membuka jasa copy writer. Begitu juga jika Anda pandai memasak, Anda bisa membuat bisnis kuliner dan memasarkannya secara online maupun offline.

3.    Ide dari hobi

Hobi memiliki potensi yang bagus untuk mengembangkan bisnis. Jika Anda penyuka minuman manis kekinian, maka cocok bagi Anda membuka bisnis minuman kekinian seperti minuman boba Bobaho.

Untuk merubah hobi menjadi bisnis, tentu diperlukan kepekaan terhadap inspirasi yang muncul mendadak.

Melalui lingkungan sekitar

1.    Bertemu banyak orang

Meski terdengar sederhana, bertemu orang banyak dari berbagai lingkungan dan latar belakang akan mendatangkan inspirasi unik. Misalnya saja dengan rutin berjalan-jalan ke pasar tradisional, bisa jadi akan mendatangkan ide untuk membuka kedai makanan tradisional dengan konsep modern.

2.    Amati cara pebisnis lain menemukan ide

Mengolah ide bisnis yang sudah ada bukanlah hal yang aneh. Jika Anda tidak percaya diri dengan ide yang Anda dapat, tidak ada salahnya melihat kisah pengusaha atau wirausahawan yang telah berhasil meraih kesuksesan dengan strategi dan produk tertentu.

Mencari informasi mengenai pengusaha yang memiliki ide mirip dengan Anda, akan memudahkan Anda mendapat gambaran.

3.    Amati probem lingkungan

Problem lingkungan dan komunitas di lingkungan Anda bisa dijadikan inspirasi bisnis. Contohnya jika warga di lingkungan Anda sulit menemukan toko kelontong yang lengkap dengan jarak yang dekat, maka Anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluang membuka toko kelontong.

Mendapat peluang bisnis sama dengan kesempatan yang tidak datang 2 kali. Oleh karena ini, Anda perlu dengan jeli menjadikan situasi sebagai peluang bisnis yang akan menguntungkan Anda. Catat setiap ide yang terlintas di piliran Anda, jangan sampai terlupa.[]sumber:viva

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.