12 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mengintip Prinsip Bob Sadino yang Bikin Sukses Berbisnis

...

  • VIVA
  • 23 October 2019 11:00 WIB

Bob Sadino Sosok Pengusaha Sukses dengan Kesederhanaan (Bob Sadino: Okezone)
Bob Sadino Sosok Pengusaha Sukses dengan Kesederhanaan (Bob Sadino: Okezone)

Bambang Mustari Sadino yang akrab disapa Bob Sadino merupakan seorang pengusaha sukses. Siapapun sepertinya tak mengira bahwa sosok pemilik usaha Kemfood dan Supermarket Kem Chicks ini adalah pengusaha kaya raya saat melihat penampilannya yang sangat sederhana, bahkan terkesan cuek.

Bob Sadino kerap hanya mengenakan kemeja dan celana pendek ke mana pun ia pergi. Ia menjadi salah satu “si pengusaha eksentrik” yang patut dicontoh generasi muda.

Bukan hanya kesederhanaan hidupnya saja, tapi juga dari cara dirinya mengembangkan usaha yang telah melambungkan namanya. Tunggu apa lagi, intip prinsip yang dimiliki Bob Sadino yang bikin sukses berbisnis seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Penampilan Bukanlah Segalanya

“Ada uang, ada penampilan.” Itulah yang menjadi moto sebagian orang pada era modern sekarang ini. Namun, tidak dengan Bob Sadino. Meskipun punya uang banyak, ia tetap berpenampilan apa adanya ke mana pun ia pergi.

Ia bahkan lebih suka mengenakan kemeja, celana pendek, dan sepatu slip on saat hendak bepergian. Gaya tersebut menjadi salah satu ciri khasnya yang tidak akan mungkin bisa dilupakan.

Anehnya lagi, Bob tetap berpenampilan sama saat menghadiri rapat dengan para klien. Sekilas memang terlihat kurang sopan, tapi itulah sisi Bob Sadino yang sebenarnya. Selalu tampil apa adanya karena menurut Bob penampilan bukanlah segalanya.

2. Selalu Optimis, Bukan Pesimis

Kebanyakan pengusaha sangat takut saat ingin melakukan ekspansi bisnis. Ide, konsep, dan perencanaan yang matang pun berakhir sia-sia karena selalu diselimuti rasa takut untuk memulai usaha.

Sifat inilah yang dibuang jauh-jauh oleh Bob Sadino. Setelah berhasil membuat konsep, ia pun langsung mempraktikan konsep tersebut. Gunanya tak lain untuk mengetahui sejauh mana konsep tersebut bekerja pada bisnis yang dijalankan.

Bob pun termasuk tipe yang optimis, bukan pesimis. Menurutnya, “Kegagalan tidak akan berani menghampiri orang-orang yang berani.” Tidak heran jika dirinya tetap optimis saat melakukan apa pun yang ada kaitannya dengan dunia bisnis.

3. Kalau Bukan Sekarang, Kapan Lagi?

Kalau terus menunggu dan menunggu, kapan hal yang diinginkan akan terealisasi? Mimpi yang selama ini membekas di kepala hanyalah angan-angan belaka jika tidak dibarengi dengan tindakan nyata untuk menggapai mimpi tersebut.

Semakin cepat memulai, semakin banyak yang akan dicapai. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Jangan mau menunggu terus karena menunggu itu terlalu melelahkan dan membuang-buang waktu.

4. Mengalami Kegagalan? Disenyumi Saja!

Kegagalan menjadi bayang-bayang yang paling menakutkan bagi seorang pengusaha. Wajar saja karena seseorang yang pernah gagal dalam bisnis perlu membangun bisnisnya dari awal lagi, perlu menyusun konsep paling baru lagi, dan banyak hal lainnya.

Namun, Bob Sadino malah menyuruh para pengusaha untuk tetap tersenyum meskipun sudah gagal. Gagal lalu disenyumi rasanya agak aneh memang. Namun, Bob malah berkata kalau senyum bisa membangkitkan usaha yang sudah pernah gagal.

Sebab senyum adalah kekuatan terbesar yang menandakan kalau seseorang tetap optimis untuk membangun kembali bisnis yang sudah pernah gagal. Senyum juga otomatis akan membuat seseorang semakin bersemangat. Coba saja kalau tidak percaya.

5. Biar Terlihat Miskin, Tapi Kaya

Setinggi apa pun jabatan seseorang dalam suatu instansi, orang tersebut tetap saja menjadi bawahan. Berbeda dengan para pengusaha. Meskipun usaha yang dibangun masih kecil, pengusaha akan tetap menjadi bos karena punya hak mutlak untuk memutuskan apa pun yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan.

Jadi, meskipun seseorang “miskin”, tapi kalau mempunyai bisnis, orang tersebut teta dianggap kaya karena dirinya memiliki pangkat tertinggi atas bisnis yang digelutinya.

6. Jangan Pernah Gengsi

Hidup adalah perjalanan yang mengalami pasang surut. Kadang di bawah, kadang di atas. Hidup manusia memang misteri yang tidak bisa ditebak. Orang yang kaya raya sekalipun bisa jatuh miskin hanya dalam dua hari.

Hal ini pernah menimpa Bob Sadino. Ketika dirinya mengalami kecelakaan parah, ia terpaksa bekerja sebagai kuli bangunan dan pedagang telur ayam. Padahal, dirinya sudah kaya raya sejak itu.

Jangan pernah gengsi. Sebab gengsi tidak akan bisa membuat seseorang menjadi kaya raya. Lakukan apa yang bisa Anda lakukan dan ubahlah hidup.

Selalulah Percaya Pasti Bisa!

Apa pun yang diinginkan, didambakan, dan diimpikan bisa terkabul kalau Anda percaya hal-hal tersebut akan menjadi kenyataan di kemudian hari. Di balik mimpi-mimpi tersebut, lakukan yang terbaik dan tetaplah jadi orang yang rendah hati seperti Bob Sadino.[]Sumber:vivanews.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.