08 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Menkominfo Tegaskan Facebook untuk Taat Pajak

...

  • portalsatu.com
  • 20 November 2019 19:30 WIB

 Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan hubungan saling 'menguntungkan' atau mutual benefit antara Indonesia dengan Facebook di masa depan.

Johnny G. Plate menyampaikan hal ini di depan pimpinan Facebook Indonesia. termasuk Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hatari.

"Kalau ditanya saya, saya ingin Facebook berikan yang lebih untuk Indonesia. Juga demikian akan hasilkan yang lebih juga untuk Facebook. Di situlah mutual benefit kita," kata Johnny di Jakarta, Rabu (20/11).


Johnny mengatakan untuk mendukung industri digital, Kemenkominfo mendorong ruang yang adil untuk seluruh pemain digital. Hal ini dilakukan Kemenkominfo untuk menciptakan level playing of field untuk industri digital.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan seiring bertambahnya nilai bisnis Facebook, muncul pula kewajiban Facebook kepada negara Indonesia.

"Di samping mendapatkan nilai tambah di Indonesia, juga memperhatikan kewajiban pajaknya di Indonesia, kita harapkan, mari kita diskusikan sama-sama, sehingga antara kewajiban dan hak-haknya mereka atau bisnisnya yang bisa berjalan secara baik," kata Johnny.

Sebelumnya diberitakan bahwa mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap cara untuk menagih pungutan pajak dari perusahaan internet raksasa, seperti Google, Facebook, dan lainnya. Caranya, dengan mematangkan definisi perusahaan internet sebagai Bentuk Usaha Tetap (BUT) hingga formula dan dasar perhitungan pungutan pajak.

Lihat juga: Facebook Akan Hadirkan Fitur Foto Populer Mirip Instagram
Hal itu disampaikan akun Instagram pribadinya, @smindrawati usai menghadiri pertemuan negara-negara anggota forum G20. Pertemuan bertajuk G20 Ministerial Symposium on International Taxation yang dilangsungkan di Fukuoka, Jepang pada Sabtu (8/6).

Dikutip dari CNBC, Statista mencatat jumlah pengguna aktif bulanan Facebook pada kuartal I-2019 mencapai 2,38 miliar. India menjadi pasar terbesar Facebook dengan angka 260 juta pengguna.

Masih menurut Statista, hingga April 2019 pengguna Facebook terbanyak berasal dari India, jumlahnya 260 juta pengguna. Amerika Serikat berada di posisi kedua dengan jumlah pengguna 190 juta.

Peringkat ketiga dan keempat adalah Brasil dan Indonesia dengan jumlah pengguna masing-masing 120 juta.[]Sumber:cnnindonesia

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.