02 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mentan Panen Jagung Program GDAD di Batee Raya

...

  • PORTALSATU
  • 22 February 2020 00:55 WIB

Foto: Murdeli
Foto: Murdeli

BIREUEN - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, memanen dan menanam jagung program penanggulangan kemiskinan dan ekspor tahun 2020 di Desa Batee Raya, Kecamatan Juli, Bireuen, Jumat, 21 Februari 2020.

Jagung hibrida di sana program Grand Design Alternative Development (GDAD). Panen dan tanam dilakukan bersama Plt. Bupati Bireuen Muzakkar A. Gani, anggota DPR RI TA. Khalid, Staf Ahli Gubernur Aceh Muhammad Andalah dan pejabat terkait.

Dirangkai penglepasan pengiriman hasil panen jagung ke Medan, Sumatera Utara, serta penyerahan bantuan fasilitas pembiayaan syariah dan sarana pertanian berupa lima traktor dan bantuan lainnya.

Plt. Bupati Bireuen, Muzakkar A. Gani, mengatakan program penanggulangan kemiskinan melalui penanaman jagung merupakan terobosan yang diharapkan berpengaruh dalam menurunkan angka kemiskinan.

Sedikitnya 11 ribu hektare lebih penanaman jagung hibrida di Kabupaten Bireuen yang dibantu dengan pemberian benih dan sarana pendukung lainnya. "Sangat membantu dengan hasil 5 ton perhektare," katanya.

"Kami mengharapkan kepada kelompok tani mengolah lahan dan menanam jagung dengan baik. Sehingga sesuai dengan harapan dan dapat memotivasi petani lainnya untuk menanam jagung," katanya.

Muzakkar minta Menteri Pertanian membantu mesin giling padi yang bisa menghasilkan beras premium, sehingga gabah setiap panen tak dijual ke luar Aceh tetapi dapat diolah dan dapat dipasarkan di Aceh.

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo usai menyerahkan corn shelter, sarana pengolah tanah, sarana pengolah hasil dan traktor panen mengatakan kalau mau daerah maju maka galakkan pertanian. 

"Lahan sangat luas pemberian tuhan dan sangat subur di Aceh. Satu hektare lahan ke depan harus bisa menghasilkan 7 ton. Kepada bupati agar mengajak camat dan instansi menggalakkan pertanian di seluruh lahan untuk ditanami jagung," katanya.

Syahrul minta ditanami sebanyak-banyaknya. Japfa siap menampung sebanyak apapun hasil panen jagung petani Aceh. "Kalau pertanian digarap maksimal maka tidak ada yang namanya kemiskinan," ucap Syahrul.[](Murdeli)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.