13 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Miliarder Indonesia Didominasi Individu Usia Pensiun

...

  • PORTALSATU
  • 06 December 2017 15:25 WIB

JAKARTA -- Ungkapan yang menyebutkan ‘makin tua makin jadi’ tampaknya berlaku pada kalangan miliarder di Indonesia.

Fenomena itu setidaknya tercermin dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia yang baru saja dirilis oleh Forbes. Pasalnya, dari sekian banyak konglomerat tersebut, hanya terdapat 7 orang dengan usia di bawah 56 tahun atau di bawah usia pensiun normal Indonesia.

Seperti diketahui, apabila merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun, usia pensiun normal di Indonesia yaitu  56  tahun.

Adapun, miliarder dengan usia termuda adalah Ciliandra Fangiono dengan umurnya mencapai 41 tahun.

CEO First Resources Ltd., perusahaan minyak sawit yang terdaftar di Singapura dengan perkebunan yang tersebar di  Indonesia tersebut, memiliki nilai kekayaan sebesar US$1,4 miliar. Dia pun menempati peringkat 22 dari 50 orang terkaya di Indonesia.

Bergabung bersama kelompok miliarder berusia di bawah 50 tahun, terdapat Iwan Lukminto putra dari pendiri Sritex Group H.M. Lukminto. Iwan yang kini berusia 42 tahun tersebut memilki kekayaan US$490 juta dan menempati peringkat 48 dari orang terkaya di Indonesia.

Selain itu ada pula,  Arini Sarraswati Subianto yang berusia 46 tahun. Anak perempuan tertua konglomerat Indonesia Benny Subianto tersebut memiliki kekayaan mencapai US$820 juta dan menjadi wanita tekaya di Tanah Air.

Adapun di samping tiga orang tersebut, di peringkat 10 besar konglomerat termuda di Indonesia dengan umur di bawah usia pensiun terdapat nama-nama seperti Garibaldi Tohir (52),  Hary Tanoesoedibjo (52), Santosa Handojo (53), dan Chairul Tanjung (55).

Sementara itu sisanya, merupakan pengusaha yang berumur di atas usia pensiun. Bahkan konglomerat dengan usia tertua di daftar miliarder Forbes, yakni Eka Tjipta Widjaja menempati peringkat dua orang terkaya di Indonesia.

Nilai kekayaan Eka Tjipta hanya kalah dari Hartono bersaudara, yang mencapai US$32,3 miliar. Adapun, Hartono bersaudara konsisten menempati posisi orang terkaya di Indonesia selama 9 tahun berturut-turut.[] Sumber: bisnis.com

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.