29 September 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pelaku UKM Aceh Utara Akan Nikmati Izin Cuma-Cuma

...

  • DATUK HARIS MOLANA
  • 11 January 2017 18:00 WIB

ilustrasi @PORTALSATU.COM
ilustrasi @PORTALSATU.COM

LHOKSUKON - Pelaku usaha di Kabupaten Aceh Utara akan menikmati Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) secara cuma-cuma yang diberikan pemerintah setempat. Pengurusan itu bisa dilakukan di setiap Kantor Camat di Kabupaten Aceh Utara Sesuai  Perbup Nomor 21 tahun 2012 tentang  pelimpahan sebagian kewenangan Bupati Aceh Utara kepada Camat.

“Pemkab Aceh Utara mulai tahun 2017 berkomitmen pemberdayaan ekonomi rakyat dimulai dari usaha mikro dan kecil, dengan target 12.000 pelaku usaha yang mempunyai IUMK diterbitkan oleh camat secara gratis,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh Utara, M. Natsir kepada portalsatu.com, Rabu, 11 Januari 2017.

Natsir menambahkan kegunaan IUMK tersebut agar tersedianya database usaha mikro dan kecil serta untuk memantau UMK yang sudah maupun belum memperoleh fasilitas KUR.

“Tahun 2017 ini prioritas pemberdayaan ekonomi akan dititikberatkan pada fasilitas perizinan yang mutlak harus dimilki oleh UMK seperti fasilitasi terhadap izin keamanan pangan industry rumah (P-IRT), fasilitasi terhadap uji mutu dan quality control, dan fasilitasi izin merek dagang dan merek produk,” sebut Natsir.

Natsir menyebutkan pada akhir tahun 2016, Pemkab Aceh Utara sudah melatih 108 Wirausaha baru dan memfasilitasi 30 produk UMK khususnya izin P-IRY dan sertifikasi halal.

“Dengan adanya izin-izin tersebut, produk UMK yang ada di Aceh Utara akan naik derajatnya dan diharapkan luas jaringan pemasaran produk sehingga bisa masuk ke pasar modern (retail, waralaba, minimarket dan swalayan),” kata Natsir.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.