26 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Produktif di Masa Pandemi
Prajurit Korem Lilawangsa Ubah Danau Terlantar jadi Kolam Lele, Masyarakat Tertarik

...

  • portalsatu.com
  • 28 October 2020 17:40 WIB

Foto: Penerangan Korem Lilawangsa
Foto: Penerangan Korem Lilawangsa

LHOKSEUMAWE – Prajurit TNI Korem-011/Lilawangsa memanfaatkan danau terlantar milik warga di Desa Ulee Jalan, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, untuk budi daya lele. Kegiatan produktif ini untuk mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

Danau yang sebelumnya terbengkalai berhasil diubah menjadi kolam lele oleh prajurit TNI di bawah komando Kasipers Korem 011/Lilawangsa Letkol Caj. Sadikin Bintang. Hasil panen lele pun "melimpah" dari kolam itu.

Menurut ‘KBBI’, lele adalah ikan air tawar, berpatil, badannya licin, bagian mulutnya bersungut, warna punggungnya hitam (kadang-kadang agak kelabu), bagian perutnya berwarna putih agak kelabu.

“Produksi lele ini akan disuplai ke beberapa tempat usaha di Kota Lhokseumawe. Ini merupakan program yang dicetus Bapak Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf. Sumirating Baskoro untuk memanfaatkan lahan yang ada demi mendukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan," kata Kasipers Korem 011/Lilawangsa Letkol Caj. Sadikin Bintang saat panen lele itu, Selasa, 27 Oktober 2020.

Sadikin Bintang berharap kegiatan produktif prajurit Korem Lilawangsa itu menjadi contoh bagi masyarakat. “Alhamdulillah, masyarakat sekitar juga sudah ikut melakukan budi daya lele di kolam ini," ujar dia merasa bahagia.

Menurut Sadikin Bintang, selain untuk ketahanan pangan, progam ini juga salah satu upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, termasuk prajurit TNI dengan memanfaatkan waktu kosong agar lebih produktif.

"Kita selalu menginstruksikan kepada seluruh prajurit TNI dan masyarakat supaya lebih produktif untuk memanfaatkan lahan kosong. Kan lumayan juga bila lahan kosong tersebut bisa dimanfaatkan menjadi lahan bernilai ekonomis. Bahkan, dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi para pemuda desa," ucap Sadikin Bintang.

Sadikin Bintang menyebutkan, untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri, tidak hanya sebatas pembudidayaan ikan, tetapi juga bisa dilakukan dengan bercocok tanam dan berternak sapi, kambing atau ayam.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.