15 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Proposal Pertamina Blok NSB, BPMA: Persetujuan Gubernur Aceh Sudah ke Menteri ESDM

...

  • PORTALSATU
  • 18 September 2019 21:00 WIB

Azhari Idris, Plt. Kepala BPMA. Foto dok. Portalsatu/Fazil
Azhari Idris, Plt. Kepala BPMA. Foto dok. Portalsatu/Fazil

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, sudah mengeluarkan persetujuan terhadap proposal PT Pertamina (Persero) tentang kontrak jangka panjang Blok NSB. Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) telah menyampaikan persetujuan Gubernur Aceh itu kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan.

"Sudah ada (persetujuan Gubernur Aceh). Sekira minggu lalu sudah dikirimkan ke Pak Menteri ESDM," ujar Plt. Kepala BPMA, Azhari Idris, menjawab portalsatu.com melalui WhatsApp, Rabu, 18 September 2019.

Apakah dalam persetujuan gubernur itu juga disebutkan soal participating interest (PI) untuk BUMD Aceh, dan berapa persen? "Bagian dari terms and conditions kontrak baru PI sudah otomatis," kata Azhari Idris.

"Pemerintah Aceh minta PI 20%, karena PP Nomor 23 Tahun 2015 menyebutkan minimum 10%. Artinya, boleh lebih. Pemerintah Aceh minta 20%," ujar Plt. Kepala BPMA itu.

Kini tinggal menunggu keputusan Menteri ESDM terkait perpanjangan kontrak Blok North Sumatra B (NSB) untuk PT Pertamina Hulu Energi selama 20 tahun ke depan.

Diberitakan sebelumnya, kontrak sementara untuk PT Pertamina Hulu Energi (PHE) terkait pengelolaan Blok NSB di Aceh Utara akan berakhir pada Oktober 2019. Pertamina telah mengajukan proposal final perpanjangan kontrak jangka panjang Blok NSB itu kepada BPMA, Agustus 2019 lalu, untuk memperoleh persetujuan Gubernur Aceh.

Mulanya, Blok NSB yang dikelola PT PHE sejak Oktober 2015 setelah mengakuisisi hak kelola ExxonMobil, kontraknya berakhir pada 3 Oktober 2018. Menteri ESDM lalu menyetujui perpanjangan kontrak sementara sesuai usulan BPMA, yakni selama enam bulan, sejak 4 Oktober 2018 sampai 3 April 2019.

PHE kemudian mendapatkan kontrak sementara kedua yang berlaku 4 April hingga enam bulan ke depan, yakni 3 Oktober 2019. (Baca: Lagi, Menteri ESDM Setujui Pengelolaan Blok NSB Untuk PHE 6 Bulan)[](nsy)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.