13 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia

Kembangkan Blok Andaman III
Repsol akan Bor Sumur Rencong 1 X di Lepas Pantai Aceh

...

  • PORTALSATU
  • 07 December 2018 09:30 WIB

Ilustrasi Blok Migas di lepas pantai. Foto Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi Blok Migas di lepas pantai. Foto Pertamina Hulu Energi

BANDA ACEH - Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Spanyol, Repsol, akan mengebor satu sumur eksplorasi di Blok Andaman III di lepas pantai Provinsi Aceh. Pengeboran ini untuk mencari cadangan migas yang bisa dikomersialkan perusahaan tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), Azhari Idris, mengatakan sumur yang akan dibor bernama Rencong 1 X. Ini masuk dalam rencana kerja dan anggaran atau work program and budgetting (WP&B) 2019 Repsol.

Pengeboran akan dilakukan pada kuartal empat tahun depan. “Direncanakan pada November 2019,” kata Azhari, 6 Desember 2018.

Menurut Azhari, pengeboran eksplorasi di Blok Andaman III juga bagian dari komitmen pasti Repsol di blok tersebut. Nantinya, Repsol mengajukan proposal pengembangan alias plan of development (PoD) dari Blok Andaman III.

Namun, proses pengajuan itu baru bisa dilakukan setelah selesai mengevaluasi sejumlah aspek. “Masih sangat panjang proses sampai ke PoD, tergantung cadangan hidrokarbonnya, keekonomian lapangan, aspek komersial, dan lain-lain,” ujar Azhari.

Blok Andaman III meliputi area seluas 8.440 kilometer persegi. Blok ini terletak di kedalaman air 1.300 meter dalam kawasan cekungan Sumatera Utara. Andaman III merupakan blok eksplorasi yang dimenangkan Talisman pada lelang wilayah kerja tahun 2009. Namun di 2015 Repsol mengakuisisi penuh Talisman sehingga blok itu hingga kini dikelola Repsol.

Kontrak bagi hasil PSC blok ini diteken pada 11 September 2009 dan berlaku selama 30 tahun atau sampai 2039. Adapun total potensi cadangan migas blok ini sekitar 1,5 miliar barel setara minyak (BBOE).

Penulis: Anggita Rezki Amelia.[]Sumber: katadata.co.id

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.