24 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Sekjen Wantannas: Komoditas Aceh Melimpah, Tapi Belum Dikembangkan Secara Maksimal

...

  • PORTALSATU
  • 23 November 2018 17:30 WIB

Foto: Khairul Anwar
Foto: Khairul Anwar

BANDA ACEH - Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas), Letjen TNI Doni Monardo, mengatakan, hasil alam berupa komoditas di Aceh melimpah, tapi belum dikembangkan dan dikelola dengan baik. Hal ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

Doni Monardo menyampaikan itu dalam pertemuan dengan Forkopimda Aceh, Sekda Aceh dan sejumlah kepala daerah, di Aula Kantor Gubernur Aceh, Jumat, 23 November 2018. Dia menyebut komoditas di Aceh yang melimpah ruwah di bidang sektor pertanian maupun kelautan. Sayangnya sistem pengelolaan belum maksimal.

Komiditi (komoditas) Aceh sudah dikenal hingga ke penjuru dunia, baik di sektor pertanian maupun kelautan. Bahkan, Aceh salah satu provinsi penghasil komoditi tebesar di Indonesia,” kata Doni.

Menurut Doni, pengelolaan hasil komoditas di Aceh perlu dikembangkan secara maksimal untuk meningkatkan daya ekspor. Di antaranya, rempah-rempah Aceh seperti cengkeh, lada, komoditas pinang, kopi, pala dan lainnya.

“Seperti di Aceh Selatan ada minyak nilam, juga ada getah amber. Jadi, hasil-hasil ini perlu dikembangkan dan dikelola dengan baik. (Sehingga) Aceh nanti menjadi penyedia komoditi yang terbaik,” ujarnya.

Di bidang kelautan, Aceh juga salah satu daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia. Namun upaya mengekspor hasil kelautan masih minim, sedangkan permintaan ikan di beberapa negara meningkat, seperti China dan Jepang.

“Aceh letaknya di jalur zona internasional, untuk menghubungkan ke negara lain tak jauh,” katanya.[]

Penulis: Khairul Anwar

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.