08 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tanam Perdana di Sawah Baru, Ini Pesan Bupati Pidie

...

  • ZAMAH SARI
  • 20 November 2019 20:45 WIB

Foto: Zamah Sari/portalsatu.com
Foto: Zamah Sari/portalsatu.com

SIGLI - Bupati Pidie, Roni Ahmad bersama Kasrem-011/ Lilawangsa, Letkol Inf. Sunardi Istanto, dan Dandim-0102 Pidie, Letkol Arm. Wagino, melaksanakan tanam perdana padi di lahan cetak sawah baru, di Gampong Bangkeh, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Selasa, 19 November 2019.

Penanaman perdana pada musim rendengan ini sebagai tindak lanjut pemanfaatan sawah baru yang dicetak pemerintah seluas 200 hektare bagi tiga kelompok tani di kawasan tersebut.

Bupati Roni Ahmad menginstruksikan Dinas Pertanian terus membina masyarakat tani untuk memanfaatkan lahan secara maksimal dan menggunakan pupuk yang aman bagi lingkungan, tidak tercemar tanah, air dan udara. 

"Jika itu sudah rusak maka kita pun tidak lagi sehat," kata Roni Ahmad dalam pidato acara seremonial di lokasi penanaman perdana. 

Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie, Sofyan, pihaknya mengatakan senantiasa melakukan pembinaan kepada petani untuk menjaga kelestarian alam dengan tidak menggunakan pupuk dan pestisida yang mengandung bahan kimia berbahaya dan mengancam pencemaran lingkungan.

"Meski tahap pertama harus dibudidayakan secara semi organik dalan artian menggunakan saprodi kimia sebagai penunjang peningkatan pertumbuhan awal. Tetapi selanjutnya kita akan menggunakan pupuk dan pestisida yang aman bagi lingkungan," kata Sofyan.

Penggunaan sarana produksi padi (saprodi) kimia, menurut Sofyan, diperlukan pada lahan buka baru dengan alasan masih kurang unsur- unsur makro yang dibutuhkan tanaman terutama, unsur N, P dan K.

"Untuk tiga kelompok tani ini pemerintah juga memberikan saprodi dengan total anggaran Rp400 juta. Semua itu diharapkan dapat membangkitkan kesejahteraan petani setempat," pungkas Sofyan.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.