30 May 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tinjau Bandara Malikussaleh, Ketua DPRK Aceh Utara: Butuh Tambahan APD

...

  • PORTALSATU
  • 02 April 2020 18:25 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

ACEH UTARA – Ketua DPRK Aceh Utara, Arafat Ali, meninjau Bandara Malikussaleh di Kecamatan Muara Batu, Kamis, 2 April 2020. Peninjauan itu untuk melihat kesiapan petugas menangani warga pulang dari luar daerah, termasuk ketersediaan alat pelindung diri (APD) untuk mencegah penyebaran Coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Dalam peninjauan tersebut, Arafat didampingi Ketua Komisi I DPRK Aceh Utara, Fauzi alias Cempala, dan Ketua Komisi V, Nazir, yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil)-4, salah satunya Kecamatan Muara Batu.

“Kita sudah meninjau Bandara Malikussaleh untuk melihat bagaimana penanganan terhadap warga yang pulang dari luar daerah. Kita lihat kesiapan petugas untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tadi, ada sekitar 70 penumpang pesawat, kita lihat penanganannya sudah sesuai. Misalnya, penumpang turun dari pesawat langsung cuci tangan dengan hand sanitizer, lalu masuk ke bilik disinfektan, kemudian dicek suhu badan. Di bandara juga ada ruang isolasi,” kata Arafat.

Arafat menyebutkan, di Bandara Malikussaleh ditempatkan tenaga medis dari Puskesmas Muara Batu untuk menangani penumpang pesawat. “Persoalan yang kita temukan di bandara itu adalah masih kekurangan APD. Hanya ada satu baju APD untuk tenaga medis, sementara yang dibutuhkan minimal empat baju. Selain itu dibutuhkan masker, karena stok di bandara sudah habis,” ujarnya.

“Kekurangan APD untuk tenaga medis dan stok masker di bandara yang sudah habis akan kita sampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara. Nantinya pihak Dinkes menyerahkan APD ke Puskesmas Muara Batu untuk kebutuhan tenaga medis yang ditugaskan di bandara,” kata Arafat.

Arafat menambahkan, saat ini hanya ada maskapai Wings Air yang melayani penerbangan tiga hari dalam sepekan dari Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara ke Bandara Malikussaleh Aceh Utara dan sebaliknya.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.