17 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Triliunan Uang Aceh Beredar di Luar Daerah

...

  • PORTALSATU
  • 03 December 2018 17:25 WIB

Foto: Khairul Anwar
Foto: Khairul Anwar

BANDA ACEH - Pertumbuhan perekonomian Aceh merosot dibandingkan provinsi lain karena saban tahun uang dihasilkan di Aceh berputar (beredar) di luar daerah mencapai Rp35 triliun.  

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan Ketenagakerjaan Bappeda Aceh, Martunis, dalam Diskusi Publik dan Launching Quick Response Reformasi Pembangunan di Aceh, yang diselenggarakan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) di Banda Aceh, Senin, 3 Desember 2018.

Martulis menjelaskan, uang yang dihasilkan dari sektor pertanian, perdagangan maupun perindustrian di Aceh, tidak berkembang di Aceh, tapi berputar di luar provinsi ini. Itulah sebabnya, kata dia, pertumbuhan ekonomi Aceh merosot.

“Untuk mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi, Pemerintah Aceh sedang berupaya meningkatkan daya ekspor, menyediakan komoditi (komoditas) lokal untuk diekspor ke luar negeri,” kata Martunis.

Menurut Martunis, Pemerintah Aceh akan menggarap sektor pertanian secara maksimal dan mengembangkan sektor industri untuk memenuhi kebutuhan lokal. Pasalnya, kata dia, selama ini barang komsumsi dan industri dipasok dari luar Aceh. "Kedua hal inilah yang menjadi persoalan dan menjadi dilema di Provinsi Aceh,” katanya.

Diskusi publik itu juga menampilkan narasumber lainnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh Aulia Sofyan, dan Pengamat Ekonomi Unsyiah Rustam Efendi, dan mantan Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh Iskandar, .[]

Penulis: Khairul Anwar

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.