18 November 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Waskita Karya Incar Proyek Jalan Tol Banda Aceh-Sigli

...

  • OKEZONE
  • 12 September 2018 17:50 WIB

ilustrasi jalan tol. @okezone
ilustrasi jalan tol. @okezone

JAKARTA - PT Waskita Karya Tbk., ingin  menjadi salah satu kontraktor dari jalan Tol Trans Sumatera, tepatnya jalan tol Sigli-Banda Aceh.

"Kalau ada proyek-proyek Tol Trans Sumatera, pasti kita berusaha ikut. (Banda) Aceh-Sigli (misalnya)," ujar Direktur Operasi I Waskita Karya, Didi Oemar Pribadi, di Jakarta, 11 September 2018.

Didi mengaku tidak keberatan jika nantinya dalam proses penggarapan akan dibagi menjadi beberapa kontraktor. Sebab, di beberapa pengerjaan jalan tol juga dibagi menjadi beberapa kontraktor. Lagi pula, kata Didi, cara tersebut yang paling cepat dalam mengerjakan jalan tol. Pasalnya, masing-masing kontraktor yang bertugas mengerjakan jalan tol tersebut bisa diseragamkan penyelesainnya.

"Kami mengikuti saja nanti prosedurnya bagaimana. Biasanya per kontraktor mengerjakan bagian per bagian supaya cepat," ujar Didi.

Didi mengaku masih memiliki pendanaan yang mencukupi untuk membangun jalan Tol Banda Aceh-Sigli. Pendapatan dari pembangunan jalan Tol Trans Sumatera saja, pihaknya mengantongi uang Rp12 triliun. "Kalau kontrak kan perolehan di awal, kalau pendapatan kan revenue. Revenue-nya di Sumatera aja Rp12 triliun," ucapnya. 

Adapun rinciannya yakni Bakauheni-Terbanghi Besar Paket 2 sepanjang 40,1 kilometer (km). Kemudian Terbangi Besar-Pemarang Panggang sepanjang 112 km dan Pematang Panggang Kayu Agung 77 km.

"Proyek yang Palembang aja kemarin sudah mencapai Rp5 triliun, yang Lampung kalau enggak salah Rp3-Rp4 triliun. Kalau dijumlah kan sudah, sampai akhir tahun mencapai target pekerjaan," jelasnya.

Sebagai informasi, tol Sigli-Banda Aceh rencanannya akan menjadi bagian dari Jalan Tol Bakauheni-Aceh. Jalan tol Sigli-Banda Aceh rencanannya akan memiliki panjang 74 km dan terbagi menjadi enam seksi.

Keenam seksi tersebut yakni Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13 km, kemudian Blang Bintang-Kutobaru sepanjang 8 km, seksi Kutobaru-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km, seksi Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 26 km. Lalu ada seksi Sulimeum-Jantho sepanjang 6 km, dan yang terakhir adalah Jantho-Indrapuri sepanjang 16 km.[] Sumber: okezone.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.