26 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aysha Khan, Perempuan Muslim yang Tak Pakai Bikini di Miss England 2019

...

  • LIPUTAN6
  • 09 August 2019 13:00 WIB

Aysha Khan. @Independent.co.u/youtube
Aysha Khan. @Independent.co.u/youtube

Peserta kontes kecantikan biasanya tampil dalam beberapa model baju, termasuk baju renang. Umumnya baju renang berbentuk bikini atau one-piece. Namun, ada yang tidak memakai baju renang di ajang Miss England tahun ini.

Untuk pertama kalinya mereka menampilkan kontestan yang tak memakai bikini. Dia adalah Aysha Khan, finalis asal Lancashire, North West England.  Ia menjadi finalis Miss Englandpertama berkompetisi tanpa bikini. 

Dalam pemotretan bertema pantai yang biasanya menampilkan para finalis berbikini, Aysha tampil beda. Ia lebih memilih memakai wetsuit. Busana renang ini biasanya dipakai para surferatau peselancar dengan potongan lengan panjang serta menutupi kaki.

"Aku tak biasa memperlihatkan terlalu banyak kulit karena itu yang membuatku merasa nyaman," ucap perempuan 21 tahun itu, dilansir dari Metro, 21 Juli 2019.

Ia punya alasan kuat untuk tidak memakai baju renang, yaitu untuk menjunjung tinggi nilai agama yang dianutnya. Aysha adalah kontestan muslim. Meski ia mengikuti kontes ratu kecantikan, ia berusaha tetap menjaga auratnya.

Aysha menjelaskan pihak penyelenggara Miss England membebaskan finalis untuk tidak berpartisipasi dalam sesi baju renang. Namun, perempuan berdarah India ini tetap ingin ikut sesi tersebut.

Dalam sesi bertitel Miss Beach Beauty tersebut, Asyha tampil dengan wetsuityang menutupi seluruh tubuh, kecuali telapak tangan, telapak kaki dan wajah, serta rambut. Dia jadi satu-satunya dari 49 kontestan Miss England 2019 yang tak pakai bikini atau baju renang dan berhasil lolos sebagai 20 finalis.

Dapat Banyak Cobaan

Sesi baju renang memang bersifat optional. Artinya, finalis dibolehkan untuk tidak mengikutinya. Namun, semakin banyak kontestan berpartisipasi dalam setiap sesi—yang berjumlah 10 sesi—tentu akan semakin besar kesempatan mereka untuk meraih mahkota Miss England.

Sebelumnya, ia sudah membuat sejarah dengan menjadi perempuan berdarah Asia pertama yang terpilih menjadi Miss Lanchasire. Namun, kemenangan itu juga menyisakan goresan luka bagi Aysha. Ia sempat mengalami pelecehan rasis dan banyak yang menuntutnya kembali ke daerah asalnya.

Meski mendapat banyak cobaan, Aysha mencoba untuk tidak terlalu fokus pada hal itu. Dia pun menilai, masih banyak nilai positif yang bisa dia ambil dari masalah yang sedang dihadapinya saat ini.

Pemenang Miss England akan diumumkan pada 1 Agustus 2019. Juaranya akan dikirim sebagai perwakilan Inggris untuk mengikuti ajang Miss World 2019. Kebetulan, ajang Miss World di tahun ini akan digelar di London, Inggris pada Desember 2019 mendatang.

Sejauh apa langkah Aysha Khan, finalis muslim pertama yang tidak memakai baju renang di ajang Miss England? Kita tunggu saja.[]Sumber:liputan6

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.